Cara Mudah Atasi Hp Android Yang Bootloop | Cuma Keluar Logo Android

Cara Mudah Atasi Bootloop


Pengertian Bootloop


Bootloop itu apa?

Jika kita mengartikan arti Bootloop secara kasar menggunakan google translate maka kita akan mendapat arti yaitu "proses boot berulang".

Masih bingung?

Wajar saja, karena arti Bootloop itu saya ambil langsung dari google translate, jadi maknanya agak sedikit sulit di mengerti. Baiklah saya akan menjelaskan pengertian Bootloop secara seksama dan dalam keterangan yang sejelas-jelasnya.

Bootloop adalah suatu keadaan yang ditunjukkan oleh munculnya logo android, ataupun logo merek smartphone tersebut secara berulang ulang.

Jadi misalkan, suatu ketika anda menyalakan smartphone anda, dan saat itu pula anda melihat logo android/vendor hp secara terus menerus, dan dalam waktu yang sangat lama.

Anda terus menunggu, tapi kemudian anda bertanya dalam hati "kenapa ini, kok tidak masuk ke homepage ponsel juga ya". Dan saat itu pula anda mulai merasa khawatir dan akhirnya anda mencari-cari dari berbagai sumber di internet. Nah, kebetulan sekali anda berada disini.

Karena saat ini saya telah memiliki solusi untuk masalah yang anda hadapi.

Silahkan anda baca artikel ini sampai selesai, dan semoga saja anda akan menemukan solusi untuk masalah hp yang Bootloop:



Ciri Hp Bootloop


A. Hp sering mengalami kondisi-kondisi seperti lemot saat di gunakan, hang, force close, not responding dan sebagainya.
B. Sering mengalami restart sendiri
C. Sering mati secara tiba-tiba
D. Ketika di hidupkan akan muncul icon android/vendor ponsel secara terus menerus
E. Terdapat peringatan yang menyatakan bahwa robot android rusak.


Penyebab Bootloop



A. Firmware ponsel sering dimodifikasi
B. Bisa juga karena efek samping hp di root
C. Mengalami kegagalan saat install ulang costum rom
D. Proses root yang gagal
E. Sistem operasi android yang telah rusak
F. infeksi virus
G. kerusakan pada hardware



Solusi atasi hp Bootloop



Sebelum itu, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu tingkatan Bootloop. Hp yang mengalami masalah Bootloop bisa kita klasifikasikan kedalam dua jenis yaitu:


a. Bootloop ringan


Masalah hp Bootloop pada tingkatan ini bisa dibilang cukup mudah untuk diatasi, karena kerusakannya tidak terlalu parah. Biasanya hp yang mengalami Bootloop ringan akan error secara sementara saja, dan akan kembali normal kembali.


b. Bootloop parah


Bootloop pada tingkatan ini sudah digolongkan kedalam kategori masalah yang berat. Karena kita sudah tidak bisa masuk ke sistem android tersebut. Walaupun kita sudah mencoba berulang kali namun untuk masuk, namun tetap tidak bisa. Hal semacam ini bisa dikategorikan kedalam Bootloop parah.

Nah, setelah kita sudah mengeahui ciri, penyebab dan tingkatakan pada masalah Bootloop. Sekarang mari kita basmi masalah Bootloop yang menghantui anda.


1. Cara mengatasi masalah Bootloop ringan:



Untuk mengatasi masalah Bootloop ringan, anda dapat melakukan langkah sederhana berikut:

1. Matikan smartphone android anda (jika dalam kondisi hidup)
2. Lepaskan beberapa komponen yang menempel pada perangkat android. Seperti memori sd, kartu sim, dan baterai.
3. Diamkan hp android kamu selama 1 hari-an full.
4. Kemudian, pasang kembali baterai hp. Dan hidupkan ponsel android anda.
5. Perhatikan kondisi hp android anda.

Jika kondisinya sudah normal dan berjalan dengan baik seperti pada umumnya, maka selamat anda telah berhasil mengatasi Bootloop. Namun, jika masalah Bootloop masih terjadi maka silahkan anda lanjut ke solusi berikut ini.


2. Cara atasi Bootloop yang sudah parah:



Peringatan: Lakukan BackUp terlebih dahulu terhadap semua data-data penting anda. Cara ini dilakukan untuk berjaga-jaga supaya data anda tetap aman dan tidak hilang.

1. Kembali ke pengaturan pabrik/recovery mode (jika anda masih bisa masuk ke pengaturan ponsel)
2. Menggunakan fitur Recovery Mode. Nah jika cara pertama diatas tidak bisa dilakukan, anda bisa menggunaka cara kedua, yaitu dengan masuk Recovery Mode.

Bagimana caranya?

A. Silahkan matikan ponsel anda(jika dalam kondisi hidup)
B. Lalu tekan tombol Home + Volume up + Power secara bersamaan. Tapi perlu anda ingat, bahwa setiap ponsel android tidak bisa menggunakan cara yang sama untuk masuk ke Recovery Mode.

SAMSUNG : Home+Volume Up+Power
HUAWEI : Power+Volume Up+Tombol Power
HTC : Power+Volume Down+Power
ADVAN : Home+Volume Up+Power
LG : Home+Volume Up+Power
ANDROMAX : Home+Volume Up+Power
CROSS : Power+Volume Down

Perhatian: Tekan semua tombol secara bersamaan, sampai masuk ke menu Recovery Mode

C. Jika anda sudah berhasil ke menu Recovery Mode, maka selanjutnya anda tinggal pilih "Wipe data/Factory reset". Bagaimana caranya?
Mudah saja. Anda tinggal menekan tombol volume up dan volume down untuk menggerakkan kursor. Dan gunakan tombol power untuk memilih/mengeksekusi pilihan.

D. Kemudian pilih "Yes" "Delete All User Data" menggunakan tombol power. Tunggu sampai ada pemberitahuan, tapi ada juga beberapa tipe android yang langsung restart dengan sendirinya.

E. Jika perangkat android anda tidak melakukan restart. Silahkan anda pilih "Reboot System Now".

F. Jika proses restart telah selesai, silahkan anda setting ulang akun anda, seperti pertama kali menggunakan android. Jika anda punya Backup data, anda bisa langsung melakukan restore data tersebut.

Sampai disini anda telah berhasil mengatasi masalah Bootloop yang mengganggu.

Sebenarnya masih ada satu cara lagi untuk mengatasi Bootloop, yaitu dengan cara flash android anda. Untuk lebih jelasnya mengenai cara melakukan flash pada android, silahkan klik link berikut:


Cara Flash Hp Android Tanpa Ribet


Perhatian: Jika semua cara yang saya berikan tidak ada yang berhasil, maka kemungkinan masalah Bootloop anda sudah tergolong sangat parah. Cara-cara diatas hanya bisa dilakukan untuk Bootloop yang error pada sistem bukan pada hardware.

Jika anda telah mencoba cara diatas, dan tidak juga berhasil. Itu berarti Bootloop pada perangkat anda berasal dari hardware. Solusinya adalah dengan membawa hp android mu ke tempat service yang terpercaya dan sudah profesional.


Berikan komen anda dan bagikan artikel ini, jika anda merasa terbantu oleh adanya artikel ini. Semoga bermanfaat, terimakasih dan terus nantikan update terbaru dari paling-top21. Thanks
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Mudah Atasi Hp Android Yang Bootloop | Cuma Keluar Logo Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel