Unik Banget teknologi-teknologi ini ternyata terinspirasi oleh hewan

Inspirasi Dari Hewan

Teknologi-teknologi canggih saat ini merupakan hasil evolusi dari bermacam penemuan kuno yang ditemukan oleh nenek moyang kita.

Kemudian para ilmuan mengembangkan teknologi kuno itu menjadi teknologi baru yang lebih canggih, lebih kuat dan lebih sempurna.

Saat ini teknologi terus di ciptakan dan dikembangkan untuk berbagai kepentingan, namun yang pasti tujuan utama dari teknologi adalah memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan.

Lalu muncullah sebuah pertanyaan, Bagaimana cara para ilmuan membuat sebuah teknologi?

Untuk membuat penemuan baru bukanlah perkara yang mudah, para ilmuan melakukan berbagai riset dan pengamatan selama bertahun-tahun untuk dapat menciptakan teknologi baru.

Namun tahukah kamu bahwa ada banyak penemuan teknologi canggih yang tercipta karena terinspirasi dari hewan.

Yap benar, ada beberapa teknologi yang ternyata terinspirasi dari hewan, baik dari matanya, dari tangannya, dari paruhnya bahkan bisa juga dari kebiasaan dan bagaimana cara ia bertahan hidup.

Baca Juga: Fakta Unik Ultramen Yang Mungkin Kamu Tidak Tahu.

Bagi kamu yang sudah mulai penasaran, langsung saja simak informasi berikut:

1. WingSuit


wingsuit flaying


Pernah mendengar yang namanya wingsuit?

Mungkin kamu pernah mendengar wingsuit flaying, olahraga ini merupakan olahraga yang cara kerjanya dengan melompat dan terbang di udara.

Hampir sama dengan terbang parasut, namun bedanya olahraga ini tidak memerlukan parasut hanya menggunakan sebuah kostum khusus.

Kostum ini harus di pakai oleh setiap orang yang ingin melakukan wingsuit flaying.

Dengan menggunakan konstum ini dijamin anda bisa terbang keliling angkasa seperti burung.

Namun ternyata kostum unik ini tercipta karena terinspirasi oleh salah satu hewan. Hewan apakah itu?

Tupai!! Ya, hewan inilah asal muasal terciptanya wingsuit.

Tupai terbang, merupakan hewan pengerat yang bisa terbang namun tidak dengan sayap, melainkan dengan bagian kulit tubuhnya yang rapat, sehingga ia bisa melayang bebas di udara.

2. Radar Kapal Selam


Fungsi radar pada kapal selam adalah sebagai alat untuk mendeteksi benda-benda bawah laut. Agar kapal selam dapat berjalan dengan aman dan tidak bertabrakan dengan benda-benda laut, maka diperlukan radar yang mampu mendeteksi keberadaan benda laut tersebut.

Tidak hanya untuk mendeteksi benda-benda laut. Radar juga dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk membantu menemukan sesuatu yang hilang di dasar laut.

Seperti halnya ketika terjadi musibah pasawat jatuh ke laut, maka radar ini bisa mendeteksi keberadaan bangkai pesawat dan dimana saja korbannya.

Radar canggih ini adalah hasil pengamatan salah satu satwa laut yang bernama lumba-lumba.

Kebiasaan lumba-lumba dalam berkomunikasi satu sama lain adalah dengan menggunakan sistem sonar yang dapat dilakukan dengan jarak yang sangat jauh.

Dengan sistem sonar itu pula para lumba-lumba bisa merasakan keberadaan benda asing dan musuh yang mendekat.

3. Seragam Militer AntiBakteri


Dalam penemuan baru-baru ini, sebuah penelitian dilakukan terhadap hewan laut paling mengerikan yaitu HIU.

Dalam penelitiannya hewan ini Ternyata memiliki kulit yang sangat bersih dan tahan terhadap segala macam bakteri.

Penelitian ini kemudian diterapkan pada sebuah baju militer angkatan laut amerika agar tidak mudah rusak akibat terkena bakteri.

4. Helikopter


Helicopter


Siapa yang menyangka kalau helikopter ternyata dibuat dengan berdasarkan pada kemampuan terbang dan bentuk dari capung.

Capung adalah hewan yang memiliki kemampuan terbang dan manuver yang luar biasa, sehingga membuat para ilmuan mencoba membuat sebuah kendaraan udara yang memiliki kemampuan yang sama seperti capung.

Beberapa percobaan yang dilakukan berujung pada kegagalan namun ketika mereka meneliti lebih detail mengenai susunan tubuh capung dan sayapnya, maka jadilah seperti helikopter yang kita kenal sekarang.

5. Pisau Lipat


Dalam kegiatan seperti mendaki pastinya ada banyak peralatan pendukung yang tidak boleh terlewatkan ya. Salah satunya adalah pisau lipat.

Pisau lipat biasa di gunakan sebagai alat potong, baik untuk memotong tanaman atau memotong kayu untuk membuat api unggun.

Pisau lipat ini merupakan pengganti pisau dapur. Coba bayangkan bila saat sedang mendaki yang kita bawa adalah pisau dapur. Pastinya kita akan kerepotan soalnnya pisaunya tidak bisa di tekuk.

Lalu dari mana inspirasi terciptannya pisau lipat?

Mungkin saja pisau lipat ini terinspirasi oleh hewan imut dan manis bernama kucing. Ya, hewan inilah yang menjadi landasan terciptanya pisau lipat.

Kucing memiliki kuku tajam yang ia gunakan saat ia merasa terancam, atau juga saat memanjat pohon. Lalu setelah ia selesai menggunakan kukunya itu, maka ia akan melipat kukunya diantara sela-sela jarinya, sehingga tidak melukai kulitnya.

6. Teknologi 3D


Apakah kamu sering melihat efek 3D seperti yang ada pada film-film bioskop?

Efek 3D itu pada awalnya terinspirasi oleh mata udang mantis. Udang mantis merupakan jenis hewan yang memiliki mata unik, mereka dapat melihat 12 warna primer dari setiap benda yang mereka temui.

Hal unik inilah yang membuat para ilmuan kemudian menciptakan teknologi tiga dimensi yang saat ini kita kenal.

Banyak jenis teknologi yang tercipta karena terinspirasi dari berbagai jenis hewan. Jadi sebagai mahluk yang baik, kita harus menjaga dan melindungi para hewan di dunia dari perburuan ilegal yang meresahkan.

0 Response to "Unik Banget teknologi-teknologi ini ternyata terinspirasi oleh hewan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel