10 Cara Mudah Agar Bisa Tidur Siang Dengan Nyenyak Dan Tenang

Cara Tidur Siang Dengan Nyenyak
Hai sobat semua. Apa kabarnya di hari yang indah ini?
Semoga tetap sehat dan tetap luar biasa ya.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan sebuah tips menarik mengenai cara agar bisa tidur siang dengan nyaman.

Tidur adalah waktu terbaik untuk beristirahat, dengan tidur itu berarti kita memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mengisi kembali energi yang telah hilang. Dengan tidur pula kita telah ikut ambil bagian dalam menjaga kesehatan.

Memang apa hubungannya tidur dengan kesehatan?

Tentu saja ada. Jika tubuh kita bergerak setiap harinya tanpa berhenti, itu berarti anda tidak menyayangi tubuh anda. Kita bukan robot yang bisa terus bergerak tanpa henti, kita manusia yang membutuhkan istirahat.

Salah satu istirahat terbaik adalah tidur. Dalam kondisi tidur, semua anggota tubuh akan beristirahat setelah melakukan banyak kegiatan-kegiatan beratnya.

Tentu kita tahu bahwa waktu tidur terbaik adalah pada malam hari. Namun apa jadinya jika saat malam tiba, ternyata pekerjaan juga masih ada, anda harus terus bekerja hingga larut malam dan meninggalkan waktu tidur anda.

Lalu kemudian keesokan harinya anda merasa sangat mengantuk dan ingin tidur walaupun hanya sebentar.

Tapi apakah anda tahu bahwa tidur di malam hari dengan tidur di siang hari itu berbeda. Saat malam suasana akan menjadi sangat tenang dan nyaman untuk beristirahat, namun sebaliknya saat siang hari maka suasana akan berubah menjadi serba sibuk.

Lalu bagaimana cara saya tidur dengan nyaman?

Kebetulan saat ini saya telah menyediakan beberapa tips sederhana untuk anda yang susah tidur di siang hari, ini dia ulasannya:


1. Matikan Smartphone Anda


Di zaman yang serba teknologi seperti saat ini. Banyak sekali orang-orang yang tidak bisa lepas dari perangkat canggih yang bernama smartphone. Smartphone ternyata memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan seseorang. Ada banyak fitur-fitur canggih didalam smartphone, oleh sebab itu banyak orang yang sudah kecanduan dengan perangkat ini, bahkan sampai tidur pun harus membuka smartphone terlebih dahulu.

Padahal dengan anda bermain smartphone maka waktu tidur anda akan terganggu, bahkan ada juga yang lupa waktu hingga ia tidak sadar bahwa waktu tidurnya sudah digantikan untuk bermain smartphone. Nah, maka dari itu tips pertama yang harus anda lakukan agar bisa tidur nyenyak di siang hari adalah dengan mematikan smartphone anda.



2. Matikan Televisi


Televisi juga merupakan salah satu faktor yang bisa menggaggu waktu tidur anda. Saat anda ingin mengisi waktu untuk tidur siang, ternyata anda ingat bahwa hari ini ada film terbaru di televisi. Hal seperti inilah yang menjadikan waktu tidur anda terbuang sia-sia hanya untuk menonton televisi.

Maka dari itu alangkah baiknya saat anda ingin punya waktu tidur siang yang tenang dan nyenyak, maka usahakanlah untuk mematikan televisi yang ada, agar nantinya anda bisa lebih fokus untuk tidur.



3. Tutup Mata Anda


Cahaya yang ada, baik itu berasal dari lampu atau sinar matahari akan membuat tidur anda kurang baik, karena cahaya akan membuat otak merangsang bahwa saat itu adalah waktu untuk ber-aktivitas. Oleh sebab itu tidur anda menjadi kurang nyaman.

Menggunakan penutup mata adalah salah satu cara terbaik agar anda bisa tidur dengan nyenyak. Fungsi dari menutup mata adalah agar cahaya tidak bisa masuk ke mata dan agar nantinya otak bisa merangsang tubuh supaya bisa beristirahat.



4. Fokus


Fokus bukan hanya bisa dilakukan untuk kegiatan tertentu saja. Fokus juga diperlukan saat tidur loh. Dengan memfokuskan pikiran untuk tidur, maka anda akan punya waktu tidur yang nyenyak. Cara mudah agar bisa fokus tidur adalah dengan melupakan semua masalah yang ada, dan cobalah pikirkan hal-hal menarik yang membuat anda rileks.



5. Mandi Sebelum Tidur


Apakah anda tahu bahwa mandi ternyata bisa membuat tidur anda menjadi lebih tenang. Cobalah mandi dengan menggunakan air hangat, agar nantinya otot-otot tubuh yang tegang bisa kembali rileks. Selain itu, mandi juga bisa membuat pikiran anda lebih jernih dan lebih fokus nantinya saat tidur.



6. Terapi Pernapasan


Salah satu dokter ahli kesehatan di Arizona telah berhasil menemukan cara agar tidur bisa lebih nyaman, dan tenang. Caranya adalah dengan melakukan terapi pernapasan. Terapi ini dilakukan dengan menghisap udara masuk ke mulut dan di keluarkan melalui hidung sebanyak delapan kali.



7. Hindari Mengkonsumsi Kopi


Kopi adalah teman begadang yang baik. Itulah tutur kata salah satu teman saya yang suka begadang. Tapi jangan sampai anda mengkonsumsi kopi saat ingin tidur ya. Kandungan kafein pada kopi akan membuat anda kuat tidak tidur semalaman. Oleh sebab itu, mengkonsumsi kopi saat ingin tidur malah akan membuat anda tidak bisa tidur.



8. Atur Waktu Tidur Anda


Pola waktu tidur juga perlu diperhatikan. Jika anda biasa tidur pada jam 2 siang, maka biasakanlah untuk tidur di jam itu pula. Karena dengan begitu maka hormon dalam diri anda akan terbiasa untuk tidur di jam 2 siang. Pola seperti ini lebih baik dibandingkan dengan menerapkan waktu tidur yang sembarangan (asal).



9. Olahraga


Ini adalah cara yang cukup baik untuk meningkatkan kualitas tidur anda. Dengan melakukan olahraga sebelum tidur maka tubuh anda akan bekerja keras untuk mengeluarkan tenaganya, dan saat anda selesai olahraga lebih baik anda langsung tidur, karena saat itulah tubuh anda akan dengan mudah tidur nyenyak.

Ini karena tubuh telah kehilangan energinya, dan dengan tidur maka tubuh akan kembali mendapatkan energi yang sudah terbuang.



10. Kunjungi Dokter Anda


Apabila anda memang benar-benar tidak bisa tidur dengan nyenyak di siang hari, kemungkinan anda mengalami gejala insomnia. Jadi lebih baik anda memeriksakan diri anda ke dokter kepercayaan anda ya.



Itu dia 10 solusi mudah tidur nyenyak di siang hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya. Dan jangan lupa untuk share dan komen artikel ini. Terimakasih.

4 Responses to "10 Cara Mudah Agar Bisa Tidur Siang Dengan Nyenyak Dan Tenang"

  1. Bermanfaat sekali lho artikelnya, dan sangat membantu sekali...
    Makasih atas informasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kakak telah menyempatkan waktunya untuk berkomentar. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya...

      Delete
  2. Artikel yang menarik, tapi menurut saya pribadi jika mau tidur nyenyak ialah dengan cara melupakan semua masalah didunia :D lalu ingatlah kembali setelah bangun :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang benar gan, kalau mau tidur nyenyak juga perlu melupakan sejenak masalah dunia. Terimakasih sudah menyampaikan aspirasi dan masukkannya.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel