11 Ciri Gangguan Kepribadian Atau Psikopat Yang Perlu Anda Ketahui

Ciri Gangguan Kepribadian Atau Psikopat
Apa yang anda bayangkan ketika mendengar kata "psikopat"?

Mungkin anda akan membayangkan orang yang haus darah, pendiam, kejam, dan tak punya rasa belas kasih.Tapi, yang perlu diluruskan dari psikopat adalah, bahwa tidak semua psikopat adalah orang yang jahat. Mereka para psikopat adalah orang-orang yang mengalami gangguan kepribadian karena disebabkan oleh banyak faktor.

Siapa sih sebenarnya psikopat itu?

Kata psikopat merujuk pada kepribadian seseorang yang pandai dalam memanipulasi emosi, sehingga nampak seperti orang normal pada umumnya. Berkat kemampuan mereka dalam berkamuflase, kebanyakan dari psikopat juga memiliki latar belakang pendidikan dan juga pekerjaan yang baik.

Bahkan ada beberapa psikopat yang sudah berkeluarga hingga punya keturunan. Itulah alasan mengapa para psikopat akan menjadi sangat sulit untuk di identifikasi.

Para psikopat adalah orang yang tidak bisa membedakan perbuatan yang baik dengan perbuatan yang salah, sehingga banyak diantara mereka sering melakukan tindak kejahatan seperti pembunuhan, pemerkosaan, teror, dan sebagainya. Mereka bisa melakukan tindak kejahatan tanpa adanya rasa bersalah.

Jika kita melihat ciri-ciri dari banyak kasus kejahatan di televisi, maka para pelakunya biasanya adalah orang yang antisosial atau jarang sekali bergaul dengan masyarakat.

Bahkan ada beberapa diantara para pelaku kejahatan punya perilaku yang cukup baik di kalangan masyarakat. Inilah karakteristik psikopat, mereka bisa dengan mudah menyembunyikan jati diri mereka.

Hal ini diperkuat dengan adanya penjelasan dari seorang profesor kriminologi dari Drew University yang bernama Scott A. Bonn Ph.D. yang menyatakan bahwa para psikopat tidak punya rasa empati dan peduli dengan orang lain, walaupun mereka bisa membuat orang lain merasa senang dan terkesan dengan kepribadiannya.

Menurut ahli kriminalitas, Charles Montaldo menjelaskan bahwa ciri psikopat pada saat pertama kali bertemu, yaitu:

Ketika pertama kali anda berjumpa dengan psikopat, mereka muncul dengan menampakkan ciri: mudah bergaul, ramah, menawan, empati, peduli dan terlihat sangat baik. Semuanya terlihat seperti baik-baik saja, tidak ada yang terlihat aneh dari si psikopat. Mereka juga bisa memberikan pendapat dan tanggapan terhadap suatu kejadian dengan logis dan masuk akal. Kepribadian mereka sama dan sangat mirip dengan orang normal pada umumnya.



1. Menarik Dan Pandai


Siapa sangka psikopat ternyata orang yang menarik dan pintar loh. Mereka bisa berbicara dengan bahasa dan kalimat yang baik, dan bahkan mereka juga tidak merasa takut untuk menyampaikan apapun.

Selain itu para psikopat juga bisa membuat orang lain tertarik padanya. Hal menarik dari psikopat adalah, mereka tidaklah seorang yang pemalu, mereka juga sadar diri, mereka pintar, dan cerdik. Hal itulah yang membuat dirinya menjadi sangat menawan dimata orang lain.



2. Merasa Dirinya Yang Terbaik


Psikopat adalah orang yang sangat memikirkan tentang harga dirinya, oleh sebab itu mereka menjadi orang yang selalu ingin unggul dibanding orang lain. Psikopat ingin dirinya dibanggakan dan disanjung oleh orang lain, hingga akhirnya menjadikan mereka sebagai orang yang punya kesombongan dan arogansi yang tinggi, dan dengan kesombongan itu, mereka merasa bahwa dirinya lah manusia yang terbaik.



3. Mudah Bosan


Kedisiplinan dan dedikasi yang rendah pada sebuah pekerjaan ternyata di miliki oleh psikopat. Mereka bisa dengan mudah merasa bosan pada setiap pekerjaan yang dilakukan secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama. Mereka enggan melakukan tugas yang sama, sehingga banyak diantara psikopat mudah untuk berpindah-pindah pekerjaan.



4. Senang Akan Sesuatu Yang Ekstrem


Nampaknya psikopat lebih tertarik dengan hal-hal yang berbahaya, seperti merampok, membunuh, menyiksa, berkelahi, memperkosa dan sesuatu yang berbahaya lainnya.

Entah apa alasan mereka menyukai hal tersebut, namun kemungkinan besar mereka ingin merasakan adrenalin yang berbeda dari biasanya. Walaupun mereka harus melanggar norma-norma yang ada. Mereka seakan tidak perduli dengan tindakan yang mereka lakukan.



5. Pintar Dalam Berbohong


Para psikopat akan dengan mudah berbohong dengan berbagai alasan. Dengan kelicikan, kecerdikan, kepandaian, dan kemampuan manipulasi yang baik, menjadikan mereka bisa dengan mudah meyakinkan seseorang bahwa dirinya tidak bersalah.

Kemampuan berbicara yang fasih dan sangat baik membuat para psikopat bisa menyembunyikan fakta yang ada. Selain itu, kemampuan manipulasi emosi dan raut wajah, membuat ia bisa bertindak secara normal seperti tak punya masalah.



6. Tidak Punya Rasa Iba


Karena pada dasarnya psikopat adalah orang yang hanya mementingkan dirinya sendiri, maka ia pun tidak akan dan tidak punya rasa  iba dan belas kasihan pada penderitaan orang lain. Ia akan berpura-pura merasa peduli padahal ia hanya ingin menyaksikan penderitaan orang lain saja.



7. Tidak Mampu Mengendalikan Diri


Mereka para psikopat akan lebih mudah merasa marah, sangat agresif, suka menghina, tidak sabar, dan egois. Itu semua terjadi karena psikopat tidak bisa mengendalikan emosi dalam diri mereka. Mereka hanya mementingkan diri mereka sendiri, termasuk keuntungan pribadi saja.



8. Mudah Selingkuh


Dalam urusan asmara, para psikopat cenderung memiliki lebih dari satu hubungan cinta. Mereka seakan tidak akan pernah puas dengan satu hubungan saja, mereka ingin merasakan sesuatu yang berbeda.

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, bahwa para psikopat akan dengan mudah merasa  bosan pada sesuatu hal. Nah bosan yang mereka rasakan juga termasuk dalam urusan percintaan.



9. Memiliki Masalah Kepribadian Sejak Kecil


Kebanyakan dari psikopat sudah punya masalah dari saat ia kecil. Latar belakang masalah yang mereka alami sejak kecil bisa berupa mencuri, minum minuman keras, menonton video dewasa, berkelahi, berbohong, suka merusak dan sebagainya. Semua masalah itu sudah ia alami sejak umur mereka masih kecil.



10. Mementingkan Diri Sendiri


Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, bahwa psikopat cenderung lebih mementingkan egonya sendiri. Ia tidak bisa benar-benar mencintai orang lain secara tulus, termasuk orang tuanya sendiri. Ia hanya akan berpura-pura peduli ketika hal tersebut bisa menguntungkan dirinya sendiri.



11. Tidak Bisa Dipercaya


Sesungguhnya para psikopat itu tidak bisa mempertanggung jawabkan perbuatan yang mereka lakukan. Ketika tugas atau pekerjaan yang diberikan padanya mengalami kegagalan, maka ia akan berpura-pura menjadi orang yang tidak tahu apa-apa, justru ia akan bersembunyi, melarikan diri, atau bahkan menyalahkan orang lain atas pekerjaan yang ia lakukan.



Kesimpulan:


Dari 11 ciri psikopat yang sudah saya sampaikan, tentunya anda akan menjadi lebih waspada pada orang-orang disekitar anda. Anda akan lebih mudah curiga pada orang lain, dan mengira apakah mereka psikopat atau bukan? Dan inilah yang salah!!

Saya menyampaikan informasi ini bukan bermaksud menjadikan anda mudah curiga dengan orang lain. Kita boleh waspada, namun janganlah terlalu berlebihan. Dan satu hal yang perlu anda ingat adalah, bahwa psikopat adalah orang-orang yang mengalami gangguan kepribadian. Dan tidak semua psikopat adalah orang jahat seperti di film-film luar negeri.

Jika kalian mengira bahwa psikopat adalah orang jahat yang haus darah, itu adalah orang gila yang sudah tidak punya pikiran lagi. Karena dalam dunia medis pun psikopat juga punya tingkatan, ada yang psikopat rendah, sedang dan parah. Jadi jadikanlah informasi ini sebagai wawasan dan pengetahuan saja ya.


Itu saja yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Dan jangan lupa untuk share dan komen artikel ini ya. Terimakasih.

0 Response to "11 Ciri Gangguan Kepribadian Atau Psikopat Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel