7 Tips Merawat Dan Menjaga Payudara Agar Tetap Kencang


Tips Merawat Payudara
Payudara merupakan bagian vital yang amat penting bagi setiap wanita, oleh karenanya menjaga dan merawat payudara merupakan sebuah keharusan. Dengan merawat serta menjaga payudara secara teratur, diharapkan nantinya seiring pertambahan usia, payudara akan tetap sehat, kencang dan tetap indah.

Seiring pertambahan usia, tentunya kondisi kulit dan sel-sel dalam tubuh juga akan melemah, sehingga akan berdampak pula pada kondisi payudara. Banyak wanita yang mengeluhkan bentuk payudaranya yang tidak lagi sama dengan yang dulu, payudara tak lagi seindah dulu, payudara tak lagi se-elastis dulu, dan masih banyak keluhan lainnya.

Salah satu keluhan yang paling banyak terjadi adalah mengenai payudara yang menjadi kendur. Kondisi payudara yang seperti ini banyak dialami oleh para wanita yang sudah berumur, dan berada pada usia peralihan antara usia dewasa menjadi usia tua. Payudara yang kendur atau dalam bahasa medis sering disebut dengan Breast Ptosis, memang pada dasarnya sangat umum dan wajar terjadi karena faktor usia.

Namun disisi lain, kondisi payudara yang kendur juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:


  1. Pengaruh makanan
  2. Efek samping merokok
  3. Berat badan
  4. Kekurangan hormon estrogen
  5. Kekurangan kolagen
  6. Payudara yang terlalu besar
  7. Aktivitas keseharian
  8. Efek samping obat
  9. dan lain-lain.


Selain dari faktor-faktor penyebab di atas, ternyata ada sebagian besar wanita yang beranggapan bahwa faktor payudara menjadi kendur adalah disebabkan oleh kondisi menyusui. Namun sampai saat ini, belum ada penjelasan mendetail dari opini tersebut.

Oke baiklah, setelah anda sudah mengetahui apa saja sih faktor penyebab payudara menjadi kendur. Maka sekarang marilah kita cermati dan pahami ulasan mengenai tips-tips merawat dan menjaga payudara dengan benar, agar nantinya payudara akan tetap sehat dan kencang sekalipun usia terus bertambah.


1. Pilih Bra Yang Sesuai


Pemilihan bra yang tepat akan sangat berpengaruh pada kondisi payudara. Pilih jenis bra yang sesuai dengan kondisi dan aktivitas yang akan anda lakukan. Suatu misal anda akan melakukan aktivitas berat seperti olahraga, maka pastikan anda tidak salah dalam memilih bra.

Menurut sebuah penelitian medis yang dilakukan pada kondisi payudara saat melakukan aktivitas olahraga, ternyata hasil yang didapat adalah kondisi payudara mengalami perubahan yang mana payudara menjadi sedikit kendur dan merenggang.

Maka dari itu, untuk meminimalisir kejadian yang lebih parah, cobalah gunakan sport bra yang memang dikhususkan untuk digunakan pada saat olahraga. Karena memang didesain untuk kegiatan olahraga maka bra jenis ini telah dilengkapi dengan penyangga khusus yang akan mengurangi pergerakan payudara sewaktu menjalankan aktivitas.


2. Jaga Berat Badan Anda


Berat badan seseorang ternyata memiliki pengaruh terhadap kondisi payudara anda loh. Berat badan yang tidak sesuai atau kurang ideal bisa berakibat pada payudara yang kendur dan menjadi kurang elastis.

Hal seperti ini sering terjadi pada wanita yang sedang melakukan diet. Pasalnya saat seorang wanita melakukan diet, berat badan akan berubah-ubah. Nah kondisi inilah yang akan memberikan dampak pada payudara.

Boleh melakukan diet, asalkan diet yang dilakukan adalah diet yang sesuai dan tidak diperkenankan melakukan diet secara ketat.


3. Rajinlah Berolahraga


Salah satu cara yang paling efektif dalam menjaga kondisi payudara agar tetap kencang adalah dengan berolahraga. Olahraga yang paling sesuai adalah olahraga yang lebih banyak memfungsikan kerja bagian bahu, dada, dan punggung. Salah satu olahraga yang sesuai untuk dilakukan adalah renang.

Mengapa memilih olahraga renang?

Tentu saja pemilihan renang sebagai olahraga akan sangat cocok, karena saat berenang hampir semua anggota badan termasuk dada, bahu dan punggung akan bergerak. Semakin rutin anda melakukan olahraga maka semakin baik pula kesehatan payudara anda.

Dengan begitu kondisi otot bagian atas akan mampu menompang payudara, sehingga nantinya payudara akan nampak kencang dan lebih segar.


4. Hilangkan Kebiasaan Merokok


Mungkin anda berpikir orang yang sering merokok adalah kaum adam atau pria saja, namun ternyata merokok juga banyak dilakukan oleh kaum wanita loh. Tapi kebiasaan tidak baik seperti merokok lebih baik dihilangkan saja. Sebab tak hanya bisa merusak kesehatan, merokok juga bisa mempengaruhi kondisi payudara.

Wanita yang punya kebiasaan merokok akan cenderung memiliki payudara yang tidak sehat lagi, bahkan bisa membuat payudara menjadi kendur. Tentunya hal ini akan sangat berbahaya, terutama bagi anda wanita yang sangat memperhatikan kesehatan payudara. Wanita yang masuk kedalam golongan perokok aktif akan berakibat pada payudara yang menjadi berkerut dan kendur.


5. Perbanyak Makan Buah & Sayur


Buah dan sayur adalah makanan yang memang dipercaya memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin yang tinggi. Dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur tentunya akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh, termasuk kondisi payudara.

Buah dan sayur yang memiliki banyak kandungan antioksidan akan mampu mempertahankan kulit tubuh menjadi lebih elastis dan meminimalisir timbulnya kerutan. Jadi payudara anda akan nampak lebih segar, sehat, kencang, dan indah.


6. Tidur Dengan Posisi Yang Baik


Siapa sangka posisi tidur yang kurang tepat dapat berdampak pada bentuk payudara yang tidak seimbang lagi. Keseringan tidur dengan posisi tubuh miring akan membuat payudara menjadi lebih mudah kendur.

Lalu bagaimana posisi tidur yang sesuai?

Posisi tidur yang baik adalah dengan posisi terlentang. Dengan begitu payudara akan lebih seimbang dan akan menjaga kesehatan dan elastisitas pada payudara.


7. Konsultasi Ke Dokter


Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap dan lebih detail mengenai cara menjaga payudara yang benar, tentunya anda harus berkonsultasi ke dokter yang ahli dalam bidangnya.

Dengan berkonsultasi, anda bisa dengan mudah mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat pribadi. Anda juga bisa meminta saran pada dokter terkait kondisi payudara anda, agar hasil yang didapat akan lebih sempurna.



Kesimpulan


Dari 7 tips sederhana yang saya sampaikan, kita dapat mengambil suatu kesimpulan. Bahwa setiap kondisi kesehatan akan dipengaruhi oleh banyak faktor, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri kita masing-masing, seperti pola aktivitas sehari-hari, olahraga, makan-makanan bergizi, dan sebagainya.

Dalam informasi ini saya lebih menekankan tips-tips menjaga kesehatan payudara dari dalam (internal). Jadi intinya adalah, semua tergantung pada anda sendiri. Jika anda menerapkan pola hidup sehat sehari-hari maka semua anggota badan termasuk payudara juga akan menjadi sehat.

Semoga dapat bermanfaat, dan jangan lupa untuk share dan komen artikel ini ya. Terimakasih.
Show comments
Hide comments

0 Response to "7 Tips Merawat Dan Menjaga Payudara Agar Tetap Kencang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel