8 Cara Mudah Menghemat Uang Jajan Untuk Anak Sekolahan

Cara Menghemat Uang Jajan

Bagi para pelajar uang saku adalah uang yang sangat misterius. Dikatakan misterius karena uang ini bisa dengan cepat menghilang dari saku anda.

Tapi sebenarnya uang saku yang cepat habis ini dikarenakan pola hidup dan kebiasaan anda, seperti sering jajan di kantin, sering beli peralatan yang tidak penting, dan semacamnya.

Jika hal ini terus dibiarkan, maka kapan anda akan menabung? dan kapan anda akan menjadi orang kaya?

Oleh sebab itu, untuk mengatasi persoalan mengenai hal ini maka saya telah menyediakan 8 cara menghemat uang jajan dengan mudah. Mau tahu apa saja caranya? langsung saja simak ulasan berikut.



1. Sarapan Sebelum Sekolah


Sarapan di pagi hari adalah hal penting yang sering diabaikan oleh kebanyakan anak sekolah. Padahal makan pagi atau sarapan adalah sumber tenaga bagi anak sekolah.

Dengan sarapan tentunya anak akan lebih bertenaga dan lebih semangat untuk menjalani setiap aktivitasnya.

Apalagi kalau sarapan-nya adalah makanan bergizi, seperti daging, ayam, ikan, tempe, dan sayur. Dengan makanan bergizi seperti itu tentunya bukan hanya menjadikan anak anda bersemangat. Anak juga akan lebih sehat, cerdas, dan bisa berpikir lebih kreatif.

Lalu apa hubungannya sarapan dengan menghemat uang jajan?

Pasti ada hubungannya. Jika di pagi hari anda dibiasakan untuk sarapan, maka tentunya perut anda sudah terisi dan sudah kenyang dong.

Jadi uang saku anda bisa lebih hemat nantinya, karena anda tidak menggunakan uang tersebut untuk membeli makanan di kantin.



2. Bawa Bekal


Membawa bekal adalah solusi mudah untuk menghemat uang jajan. Dengan membawa bekal pastinya anda tidak akan membeli makanan lagi saat jam istirahat tiba.

Anda bisa langsung menikmati bekal yang sudah disediakan dari rumah.

Kelebihan dari membawa bekal juga adalah makanannya lebih terjaga dan lebih aman ketimbang makanan dari luar.

Ada 2 permasalahan yang membuat orang tidak mau membawa bekalnya. Alasan pertama karena bekal pastilah memiliki ukuran yang besar dan sulit untuk dibawa. Dan alasan yang kedua adalah, malu.

Untuk mengatasi alasan pertama, yaitu susah membawa bekal karena ukurannya yang besar. Ukuran bekal yang besar pastinya disebabkan oleh porsi makanannya, jadi cobalah untuk membawa bekal yang memiliki ukuran sedang saja, seperti roti.

Dan untuk mengatasi masalah kedua yang dikarenakan rasa malu. Malu biasanya dirasakan oleh anak sekolahan yang sudah smp atau sma. Namun rasa malu ini seharusnya dihilangkan, jadi anda sebagai orang tua bagi anak-anak anda seharusnya memberikan pemahaman mengenai rasa malu yang benar.

Malu pada sesuatu yang bermanfaat seperti membawa bekal adalah pemikiran yang salah.



3. Hilangkan Gaya Hidup Mewah


Tujuan anda bersekolah anda untuk mencari ilmu bukan untuk berbelanja. Jadi anda harus punya prinsip hidup sederhana. Maksudnya apa?

Jadi begini, sebenarnya sekolah itu tidak memerlukan pengeluaran yang besar, namun sering kali gaya hidup andalah yang membuat pengeluaran itu membesar.

Satu contoh sederhana yang biasa anda temui, adalah membeli pulpen. Kebanyakan dari anda biasanya menginginkan jenis atau bentuk pulpen yang menarik seperti yang ada gambarnya, yang ada bentuk love-nya dan sebagainya.

Hal inilah yang kadang malah membuat pengeluaran uang saku anda membesar.

Cobalah untuk membeli peralatan sekolah yang sederhana namun fungsional.



4. Manfaatkan Fasilitas Gratis


Beberapa sekolah seperti sd, smp atau sma biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas gratis. Tugas anda untuk menghemat uang jajan adalah dengan memanfaatkan fasilitas gratis tersebut.

Contoh fasilitas gratis di sekolah adalah wi-fi. Anda bisa memanfaatkan wi-fi sebagai media untuk mencari berbagai sumber ilmu di internet, hal ini tentu saja bisa membuat anda menghemat uang saku. Ketimbang anda harus membeli data internet yang mahal.



5. Selesai Sekolah Langsung Pulang


Ada banyak anak sekolahan yang setelah selesai sekolah tidak langsung pulang, mereka biasanya nongkrong di warung atau main kerumah teman.

Tapi tahukah anda bahwa tindakan anda ini sebenarnya bisa membuat uang saku anda cepat habis.

Kebiasaan buruk seperti nongkrong yang tidak jelas, pastinya akan membuat anda mengeluarkan uang saku, apalagi kalau nongkrong-nya di warung atau di mal. Makin bolong pastinya uang saku anda.



6. Biasakan Naik Sepeda


Jika anda ingin menghemat uang saku anda, maka naik sepeda adalah solusinya. Jika biasanya anda mengeluarkan uang saku untuk berangkat/pulang sekolah, maka cobalah untuk naik sepeda sendiri, pastinya uang saku anda akan lebih hemat.

Naik sepeda untuk pergi ke sekolah adalah perbuatan yang baik. Selain menghemat uang saku, naik sepeda juga bisa membuat tubuh anda lebih sehat dan bugar.



7. Atur Pengeluaran Anda


Dengan mengatur urusan pengeluaran uang, maka pastinya anda akan lebih hemat lagi nantinya. Dengan mengatur urusan uang anda, maka anda bisa mengetahui untuk keperluan apa saja uang anda.

Dan dengan cara ini pula anda bisa mengetahui dimana letak masalah mengapa uang saku anda sering habis. Cobalah untuk membeli keperluan yang penting saja, dan lupakan hal-hal yang memancing anda untuk mengeluarkan uang.



8. Puasa


Dan inilah solusi paling ampuh untuk menghemat uang jajan anda. Berpuasa adalah suatu keadaan dimana anda akan diuji keimanan-nya dengan tidak makan, tidak minum, menahan nafsu, menahan amarah, dan sebagainya.

Dengan berpuasa pastinya pengeluaran uang jajan anda akan sangat minim, sebab anda tidak akan membeli jajan di kantin lagi.

Selain bisa menghemat uang jajan, anda juga bisa berlatih menahan hawa nafsu, dan juga memperbanyak pahala.




Itu dia tips mudah menghemat uang jajan, bagi kamu yang ingin berhemat. Ingat pepatah Tionghoa "Hemat Pangkal Kaya" maka mulai sekarang rajin-rajinlah anda berhemat, supaya anda bisa menjadi orang kaya.

Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk anda ya, dan jangan lupa untuk share dan komen artikel ya. Terimakasih.

0 Response to "8 Cara Mudah Menghemat Uang Jajan Untuk Anak Sekolahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel