Resep Membuat Bubur Sumsum

Bubur sumsum merupakan jenis makanan bertekstur lunak yang memiliki rasa yang nikmat. Bubur ini juga merupakan salah satu jenis bubur yang paling diminati oleh masyarakat indonesia, selain karena rasanya yang enak dan nikmat, ternyata proses pengolahan bubur sumsum juga sangat mudah loh.

Bagi anda yang pingin mencoba membuat bubur sumsum ini, anda bisa mempelajari proses pembuatannya melalui resep bubur sumsum berikut:


Resep Membuat Bubur Sumsum

Resep Bubur Sumsum Enak


Bahan :


  1. Tepung beras 100 gram
  2. Garam 1 sdt
  3. Santan 850 ml
  4. Daun pandan 6 lembar


Langkah Pembuatan :



1. Siapkan santan sebanyak 650 ml lalu bagi menjadi dua gelas. Jadi anda harus menyediakan dua buah gelas kosong, yang nantinya akan di isi dengan santan masing-masing sebanyak 325 ml.

2. Rebus 1 gelas santan bersamaan dengan 5 lembar daun pandan. Proses perebusan sebaiknya menggunakan api kecil saja. Kemudian lakukan pengadukan secara terus menerus agar santan tidak pecah.

3. Disamping itu ambil 1 gelas santan lainnya, kemudian campurkan pada tepung beras. Aduk terus. Jangan sampai adonan menggumpal. Lalu tambahkan garam secukupnya.

4. Kemudian masukkan adonan tersebut ke dalam santan yang sedang direbus. Aduk hingga tercampur rata. Jangan sampai ada gumpalan. Ketika adonan sudah tercampur, silahkan matikan api-Nya.

5. Siapkan gula merah, lalu cincang dengan ukuran kecil dan masak dengan api kecil. Masukkan selembar daun pandan, tambahkan air secukupnya. Aduk sampai gula merah-Nya larut.

6. Sisa santan yang masih ada, silahkan direbus agar nantinya bisa dimanfaatkan sebagai kuah.

7. Terakhir sajikan bubur sumsum dengan cara ambil adonan lalu tuang gula merah dan kuah santan.



Sampai pada tahap ini, proses pembuatan bubur sumsum sudah selesai. Anda bisa langsung menyantap bubur sumsum yang telah jadi. Atau anda juga bisa menambahkan beberapa bahan tambahan lain sesuai selera anda.

Itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai resep bubur sumsum. Jika anda sudah bisa membuat bubur sumsum sesuai resep tersebut, maka anda juga bisa memodifikasi atau menambahkan beberapa resep lainnya sesuai selera anda. Terimakasih.

0 Response to "Resep Membuat Bubur Sumsum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel