Cara Memunculkan Mode Hibernate Di Windows 7, 8 dan 10

Dalam sistem operasi, baik windows maupun linux tentunya sudah secara default tersedia berbagai layanan pendukung seperti Shutdown yang digunakan untuk mematikan komputer, dan Lock untuk mengunci komputer. Tapi tentunya tidak hanya dua utilitas itu saja yang tersedia, opsi lain seperti Sleep dan Hibernate juga ada.

Opsi Sleep dan Hibernate ini sebenarnya punya kemiripan, tetapi juga punya perbedaan. Apa perbedaannya?

A. Mode Sleep

Pada opsi Sleep, komputer/laptop akan berada pada kondisi tetap berjalan namun dengan daya yang minim. Maksudnya adalah ketika anda mengaktifkan mode Sleep maka layar monitor akan mati, dan program-program yang berjalan akan di pause/dihentikan sementara.

Sementara sistem komputer akan tetap berjalan namun dalam kondisi yang lemah. Ini karena saat mode Sleep diaktifkan maka aliran daya listrik yang digunakan sangat kecil.

Sebagai ilustrasi saja, mode Sleep ini bisa dikatakan mirip seperti orang yang sedang tidur. Anda masih bisa bernapas, namun dalam kondisi mata tertutup dan badan lemas. Ini karena daya/energi yang digunakan saat tidur sangat minim.

Memunculkan Mode Hibernate Di Windows


B. Mode Hibernate

Sedangkan opsi Hibernate juga sama seperti mode Sleep hanya saja ketika mode Hibernate diaktifkan maka tidak ada daya listrik yang berjalan. Artinya semua aktivitas atau pekerjaan yang masih berjalan akan di pause dan disimpan sementara di RAM. Lalu komputer akan mati seperti saat melakukan Shutdown.

Namun berbeda dengan Shutdown, pada mode ini komputer bisa dengan cepat melakukan Booting dan secara cepat pula bisa menjalankan tugas/pekerjaan terakhir yang belum selesai.

Jadi intinya mode ini bisa menjalankan kembali program aplikasi terakhir yang belum ditutup atau selesai, dan bisa dengan mudah melanjutkan kembali tugas tersebut tanpa khawatir data akan hilang.


Nah  bagi anda yang ingin menjalankan mode Sleep, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke Start Menu dan pilih pada Power, kemudian arahkan cursor pada opsi Sleep. Secara cepat komputer akan merespon dan mode Sleep telah berhasil dijalankan.

Lalu bagaimana cara menjalankan mode Hibernate? apakah caranya sama dengan menjalankan mode Sleep?

Cara untuk menjalankan mode Hibernate pada umumnya sama dengan menjalankan mode Sleep, Shutdown, Restart, dan Switch User. Tapi apa jadinya bila dalam menu "Power" tidak ditemukan opsi Hibernate?

Wah pastinya bikin bingung ya. Sekedar informasi saja, bahwa mode Hibernate sedikit berbeda dengan mode lain. Karena tidak semua sistem operasi menampilkan mode atau opsi ini. Untuk dapat menggunakan mode Hibernate kita sendirilah yang harus memunculkannya.

Yang menjadi permasalahan, bagaimana cara memunculkan mode Hibernate ini?

Tenang saja, sesuai judul diatas, kali ini saya akan memberikan tutorial sederhana untuk memunculkan mode Hibernate di windows 7, 8 dan 10. Oke langsung saja, silahkan disimak baik-baik tutorial berikut:


Mengaktifkan Mode Hibernate Di Windows 7


1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuka layanan Command Prompt atau CMD, dengan menggunakan Run as administrator.

Alasan menggunakan CMD Run as administrator adalah agar kita bisa leluasa untuk mengakses layanan yang ada. Dengan menjalankan CMD secara administrator juga membuat kita mendapat layanan khusus yang tidak diberikan oleh CMD pada umumnya.

2. Ketika Command Prompt sudah terbuka, silahkan anda ketik perintah "powercfg /hibernate on" (tanpa tanda petik). Kemudian tekan Enter.

3. Lalu masuk ke "Contol Panel". Anda bisa masuk melalui tombol start, pada bilah kanan pilih "Control Panel". Lalu bagaimana dengan Command Prompt-Nya? silahkan di Minimize dahulu.

4. Silahkan cari menu "Power Options". Agar mempercepat pencarian anda bisa memanfaatkan menu search pada kolom di pojok kanan atas layar yang bertuliskan "Search Control Panel". Klik satu kali dan ketik "Power Options". Lalu buka menu tersebut.

5. Tunggu sebentar dan akan ditampilkan jendela layar baru. Pada tampilan tersebut akan ada beberapa opsi/pilihan yang muncul. Tugas anda hanyalah mengarahkan cursor pada tombol "Change advanced power settings".

6. Klik pada menu "Sleep" dan klik lagi pada menu "Allow hybrid sleep". Akan ada dua opsi yaitu On Battery dan Plugged in. Caranya ganti kedua opsi tersebut menjadi "Off".

7. Setelah itu klik "Apply" lalu "Ok".

8. Selesai. Anda bisa melihat tombol Hibernate pada Start Menu bersamaan dengan opsi Shutdown, Sleep, Restart, Lock, Log Off, dan Switch User.



Mengaktifkan Mode Hibernate Di Windows 8 dan 10



1. Lakukan kombinasi tombol "Win+R" pada keyboard untuk menjalankan program Run. Lalu ketikan perintah "powercfg.cpl" (tanpa tanda petik). Kemudian tekan Enter atau Ok.

2. Setelah perintah tersebut berhasil dijalankan, maka akan terbuka tampilan jendela baru. Lebih tepatnya anda akan dibawa pada menu "Power Options". Kemudian langsung saja anda klik pada opsi "Choose what the power button does".

3. Kemudian klik pada "Change settings that are currently unavailable".

4. Lalu arahkan cursor anda pada "Shutdown Setting" yang biasanya terletak di akhir halaman, atau berada di halaman bawah. Lihat disana ada beberapa opsi yang ditampilkan diantaranya Turn On Fast Startup (Recommended), Sleep, Hibernate, dan Lock.

Nah untuk mengaktifkan mode Hibernate, anda hanya perlu mencentang opsi Hibernate tersebut. Kemudian klik "Save changes" untuk menyimpan perubahan.

5. Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil mengaktifkan mode Hibernate. Untuk mengecek apakah benar mode Hibernate sudah aktif anda bisa masuk Start Menu lalu pilih Power.


Itu dia cara untuk memunculkan mode Hibernate pada windows 7, 8 dan 10. Semoga dapat bermanfaat, akhir kata saya ucapkan mohon maaf dan terimakasih.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Memunculkan Mode Hibernate Di Windows 7, 8 dan 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel