14 Cara Mudah Menghilangkan Masalah Bau Mulut

Atasi Bau Mulut
Hai sobat yang paling top dan selalu bikin top.
Apa kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan sehat ya, karena pada kesempatan kali ini kebetulan saya akan memberikan informasi menarik seputar dunia kesehatan.

Yap. Kali ini saya akan membahas sebuah informasi mengenai cara sederhana menghilangkan bau mulut yang mengganggu.

Bau mulut merupakan sebuah masalah yang sering menghantui setiap orang. Walaupun bau mulut bukanlah suatu permasalah besar yang membutuhkan bantuan medis, tetapi bau mulut dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Orang yang mengidap masalah bau mulut biasanya akan merasa risih, kurang percaya diri, dan minder pada orang-orang yang ada di sekelilingnya.

Masalah bau mulut yang tidak sedap ternyata memiliki keterkaitan erat dengan kondisi kesehatan gigi dan mulut loh. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada masalah bau mulut atau halitosis ternyata hampir 80% penyebab dari bau mulut disebabkan oleh kesehatan gigi dan mulut, juga termasuk masalah gusi dan gigi berlubang.

Jadi dari sini kita sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa jika anda tidak ingin punya masalah bau mulut, maka anda juga perlu memperhatikan kebersihan gigi dan mulut anda juga.

Faktor Penyebab Bau Mulut


Bau mulut yang mengganggu ternyata tidak hanya berasal dari masalah gigi dan mulut saja, namun ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan bau mulut, berikut diantaranya:


  1. Bau mulut akibat kebiasaan merokok.
  2. Kurangnya kebersihan gigi.
  3. Dehidrasi atau kekurangan cairan.
  4. Kekurangan karbohidrat.
  5. Alkohol.
  6. Diabetes.
  7. Infeksi Saluran Pernapasan.
  8. Gangguan pencernaan.
  9. Produksi air liur yang terganggu.
  10. Makanan tertentu.
  11. Dan sebagainya.



14 Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut


Setelah anda mengetahui macam-macam faktor penyebab masalah bau mulut, sekarang marilah kita bahas cara menghilangkan bau mulut yang mengganggu dengan beberapa langkah beikut:


1. Sikat gigi di pagi dan malam hari.


Menyikat gigi dua kali dalam sehari akan membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut anda dari sisa-sisa makanan. Setidaknya dalam satu hari anda harus menyikat gigi dua kali, yaitu pada pagi dan malam hari.

Tetapi alangkah baiknya lagi anda dapat menyikat gigi 3 kali sehari, yaitu pada pagi, sore dan malam hari. Ini juga baik, yang penting anda tidak lupa untuk menggosok gigi anda ya.



2. Ganti sikat gigi anda minimal 2 bulan sekali.


Setelah anda sudah bisa menerapkan kebiasaan menggosok gigi secara teratur, pastikan pula anda mengganti sikat gigi yang sudah usang. Sikat gigi yang digunakan secara terus menerus juga tidak baik bagi kesehatan, karena bateri akan menempel pada sikat gigi. Anda bisa mengganti sikat gigi anda, minimal 2 bulan sekali ya.



3. Bersihkan bagian lidah


Lidah juga dapat mempengaruhi bau mulut anda loh. Lidah yang tidak pernah dibersihkan biasanya akan mudah terserang jamur sehingga dapat menghasilkan bau mulut yang tidak sedap. Maka dari itu, anda juga perlu menjaga kebersihan bagian lidah supaya  terhindar dari bakteri.



4. Berkumur dengan air putih setelah bangun tidur


Pernahkah anda mencium bau air liur orang yang sedang tidur? wah pasti baunya tidak enak ya. Oleh sebab itu setelah bangun tidur maka lebih baik anda berkumur atau minum air putih agar kondisi mulut menjadi lebih segar kembali.



5. Bersihkan gigi palsu anda (jika menggunakan)


Khusus bagi anda yang menggunakan gigi palsu, ternyata gigi palsu juga bisa mempengaruhi bau mulut loh. Maka dari itu ada baiknya anda rajin-rajin membersihkan gigi palsu anda. Minimal 1 minggu sekali ya.



6. Kunyah lemon atau kulit jeruk


Anda pastinya sudah tahu bagaimana rasanya jeruk lemon? rasanya memang sedikit masam dan kecut. Namun dibalik itu semua, ternyata mengunyah lemon bisa menghilangkan bau mulut yang tidak sedap loh.



7. Berhentilah merokok


Seperti yang sudah pernah saya jelaskan di awal pembahasan ini, bahwa merokok adalah salah satu penyebab timbulnya bau mulut. Jadi bagi anda para pecandu rokok, lebih baik dihilangkan saja kebiasaan merokoknya ya.



8. Batasi mengkonsumsi kopi yang berlebihan


Kopi juga termasuk kedalam minuman yang memiliki bau tajam dan bisa meninggalkan bau yang berbekas jika dikonsumsi. Untuk itu, anda juga perlu membatasi dalam mengkonsumsi kopi ya.



9. Jangan mengkonsumsi minuman ber-alkohol


Sama halnya dengan rokok, mengkonsumsi minumal ber-alkohol seperti "bir" juga bisa mengakibatkan bau mulut. Setelah anda selesai meminum minuman ber-alkohol ini biasanya bau khas alkohol akan tetap ada sampai beberapa hari. Untuk itu, jika anda benar-benar ingin menghilangkan bau mulut, maka berhentilah mengkonsumsi alkohol.



10. Minum air putih 2 liter setiap hari


Tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi akan mampu meningkatkan bau mulut, ini karena produksi air liur anda menipis dan ditambah dengan kondisi mulut yan mengering saat dehidrasi. Jadi solusinya adalah dengan minum air putih minimal 2 liter sehari.



11. Hindari makanan berbau tajam


Makanan berbau tajam seperti bawang, jengkol dan durian akan membuat bau mulut anda menjadi meningkat. Memang sangat nikmat menikmati makanan-makanan itu, tapi ada baiknya anda juga memperhatikan efek yang akan ditimbulkan setelah mengkonsumsi makanan tersebut ya.



12. Konsumsi buah dan sayuran


Buah dan sayur adalah sumber dari segala jenis gizi dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, juga termasuk bisa menghilangkan bau mulut.



13. Gunakan produk penghilang bau mulut (bila diperlukan)


Saat ini sudah tersedia beberapa jenis produk kesehatan yang menawarkan manfaat seperti dapat menghilangkan bau mulut. Jika memang diperlukan, maka silahkan anda menggunakan produk ini sebagai obat untuk menghilangkan bau mulut.



14. Cek kesehatan gigi dan mulut anda


Periksakan kesehatan mulut anda pada dokter yang sudah ahli, agar nantinya anda dapat selalu mengontrol bagaimana perkembangan kesehatan mulut anda. Dengan rutin melakukan cek up ke dokter maka sama saja anda sudah memperhatikan kesehatan anda dan sekaligus menghilangakan bau mulut.



Itu dia 14 cara mudah yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga ya. Jangan lupa untuk share dan komen artikel ini agar kami dapat terus meningkatkan mutu informasi yang kami sajikan. Terimakasih.

0 Response to "14 Cara Mudah Menghilangkan Masalah Bau Mulut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel