Apa Sebabnya Setelah Makan Tidak Diperbolehkan Untuk Tidur? Ini Dia Bahaya-nya

Bahaya Tidur Setelah Makan
Makan merupakan suatu kebutuhan pokok yang harus dilakukan jika anda ingin tetap hidup. Pernahkah anda menyantap makanan enak nan sedap seperti pizza, bakso, mie ayam, daging, soto, dan sebagainya?

Ketika anda selesai menyantap makanan tersebut, apa yang biasanya anda rasakan selain kenyang?

Mengantuk!!

Benar. Kadang kala setelah selesai makan biasanya kita akan merasa mengantuk dan ingin tidur. Tapi kata orang tua dulu, tidur setelah makan itu tidak baik. Entah alasan apa yang mendasari larangan tersebut. Tapi semua yang dikatakan oleh orang tua memang benar, dan itu adalah yang terbaik untuk kita.

Karena menurut sebuah studi yang dilakukan terhadap masalah kesehatan yang timbul apabila anda tidur setelah selesai makan, ternyata ada cukup banyak masalah kesehatan yang muncul akibat tidur setelah makan. Berikut penjelasannya.



1. Sakit Pada Bagian Dada


Masalah yang pertama adalah timbulnya rasa sakit pada area dada, ya walaupun tidak terasa secara langsung. Kondisi dada yang sakit dan panas disebabkan karena pada saat tidur sistem pencernaan akan bekerja dengan sangat keras.

Akibatnya tubuh akan mengalami kelebihan asam lambung, yang pada akhirnya akan memberikan rasa sakit pada beberapa bagian tubuh. Rasa sakit disertai panas pada dasarnya berasal dari perut dan dapat menyebar ke bagian tubuh lain seperti dada dan tenggorokan.



2. Kelebihan Berat Badan


Tidur setelah makan akan membuat berat badan anda naik secara signifikan, apalagi jika makanan yang anda konsumsi mengandung banyak kalori. Ketika anda selesai menyantap makanan dan kemudian tidur, maka lemak akan menumpuk secara perlahan pada tubuh anda, akibatnya berat badan anda akan meningkat.

Hal seperti ini tentunya merupakan suatu yang sangat merugikan kesehatan tubuh, apa lagi jika anda sedang melakukan proses diet. Untuk itu setelah anda selesai makan alangkah baiknya anda membakar kalori dan lemak dengan cara ber-olahraga.



3. Beresiko Terkena Stroke


Siapa yang menyangka bahwa dengan tidur setelah makan bisa berakibat pada kesehatan tubuh anda. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Yunani, ternyata mendapatkan hasil yang mengejutkan, karena orang yang tidur setelah makan ternyata beresiko lebih besar terkena penyakit stroke.



4. Asam Lambung


Asam lambung ternyata juga bisa timbul saat anda tidur setelah makan. Tidak hanya asam lambung saja yang akan mengancam anda, rasa sakit seperti terbakar juga kadang timbul. Kondisi asam lambung akan semakin parah jika anda tidur dalam posisi berbaring menghadap ke kanan.



5. Menimbulkan Rasa Seperti Terbakar


Ketika asam lambung semakin naik dan terus bergerak, maka akan berpotensi menimbulkan masalah berupa rasa seperti terbakar. Area organ tubuh yang biasanya akan merasakan seperti terbakar adalah pada bagian perut, dada, dan tenggorokan.



6. Beresiko Menyebabkan Serangan Jantung


Memang masalah seperti serangan jantung sangat jarang terjadi akibat tidur setelah makan. Namun ada sekitar sekian persen serangan jantung bisa timbul, jika kebiasaan seperti tidur tepat setelah makan terus dilakukan secara berturut-turut dan dalam waktu yang lama.

Ketika tidur setelah makan sudah menjadi kebiasaan, maka semakin sering pula lemak menumpuk dan meng-gumpal dalam tubuh. Akibatnya pembuluh darah menjadi tersumbat, sehingga jika tetap dibiarkan akan mampu meningkatkan resiko serangan jantung.



7. Kadar Gula Darah Meningkat


Tidak hanya dapat menimbulkan resiko stroke dan serangan jantung saja, ternyata tidur setelah makan juga beresiko meningkatkan kadar gula darah didalam tubuh. Apalagi jika makanan yang anda konsumsi adalah makanan yang memiliki kalori dan ber-karbohidrat tinggi, bisa-bisa anda akan mengalami diabetes.



8. Sesak Napas


Masalah lain yang bisa ditimbulkan akibat tidur setelah makan adalah sesak napas. Saat anda tidur maka saluran pernapasan akan menyempit karena makanan yang anda makan belum sepenuhnya di proses, sehingga dapat menimbulkan sesak napas sesaat. Ada juga orang yang mengalami henti napas secara mendadak sesaat ketika tidur.



9. Pencernaan Tidak Berjalan Dengan Baik


Sistem pencernaan manusia akan menjadi sedikit lambat ketika seseorang dalam kondisi tidur, maka dari itu ketika anda tidur setelah makan, tentunya makanan belum di proses dengan baik oleh tubuh. Proses pencernaan juga akan menjadi terganggu akibat anda tidur terlalu cepat setelah makan.



10. Tidur Tidak Nyenyak


Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa tidur setelah makan bisa mengakibatkan sesak napas. Nah saat kondisi sesak napas datang, tentunya tidur anda anda akan terganggu sehingga kualitas dari tidur anda kurang baik. Sesak napas yang ditimbulkan juga akan membuat anda merasa kurang fokus ketika tidur, akibatnya tidur menjadi tidak nyenyak.



Kesimpulan


Jadi dari beberapa masalah yang timbul dari tidur setelah makan, maka ada baiknya anda tidak tidur ketika baru selesai makan. Cobalah untuk duduk dan bersantai sekurang-kurangnya 50 menit, agar makanan di cerna terlebih dahulu.

Bahkan menurut National Sleep Foundation menyatakan bahwa waktu/jeda yang baik untuk tidur setelah makan adalah 2-3 jam. Jarak waktu yang lebih lama akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mencerna makanan secara optimal.

Semoga informasi mengenai beberapa alasan mengapa tidur setelah makan itu dilarang dapat memberikan manfaat untuk anda ya. Dan jangan lupa untuk share dan berkomentar di artikel ini ya. Terimakasih.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Apa Sebabnya Setelah Makan Tidak Diperbolehkan Untuk Tidur? Ini Dia Bahaya-nya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel