Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Di Android

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Di Android

Kendala yang biasanya dialami oleh kebanyakan pengguna baru ponsel android adalah gagal menginstall aplikasi yang berasal dari sumber tidak dikenal (selain dari Google Play Store).

Hal ini dikarenakan sistem ponsel android mencekal atau tidak mengizinkan untuk menginstall aplikasi lain yang tidak diketahui asal muasalnya.

Aplikasi paling banyak dicekal adalah aplikasi yang berasal selain dari Google Play Store, seperti berasal dari sumber situs web.

Nah untuk mengetahui cara mengatasi masalah ini, anda harus tahu terlebih dahulu apa saja faktor penyebab dari aplikasi tidak bisa di pasang di android, berikut ulasannya:


Faktor Penyebab


1. File Telah Rusak

File apk yang rusak atau corrupt merupakan faktor penyebab mengapa aplikasi tidak bisa terpasang di android. Corrupt atau rusaknya file sudah pasti akan mempengaruhi kondisi aplikasi.

Nah file aplikasi yang rusak ternyata juga memiliki faktor penyebab, salah satunya adalah karena adanya proses penghentian transfer data saat download.

Hal ini biasanya terjadi apabila saat proses download anda melakukan pause/ penghentian sementara.


2. Mendownload Aplikasi Bajakan

Ada kalanya suatu ketika anda menginginkan sebuah aplikasi yang menurut anda cukup bagus, namun sayang aplikasi tersebut merupakan aplikasi premium atau berbayar.

Untuk itu anda kemudian mencari aplikasi tersebut di situs-situs web yang membagikan aplikasi premium secara gratis. Jika anda benar telah melakukan tindakan ini, maka anda patut waspada.

Sebab aplikasi bajakan yang dibagikan secara gratis pada hakikatnya merupakan aplikasi cloning yang telah di modifikasi sedemikian rupa, dan perlu anda ketahui bahwa aplikasi bajakan merupakan unsur ilegal yang di cekal untuk dipasang di hp android anda.


3. Aplikasi Tidak Yang Tidak Kompatibel

Ada beberapa aplikasi yang hanya bisa dimainkan di beberapa perangkat saja. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti sistem android yang sudah terlalu tua dan faktor lainnya.

Dan tahukah anda jika suatu aplikasi yang tidak kompatibel tetap di pasang dalam perangkat anda, maka akan menimbulkan gangguan yang dapat mengakibatkan aplikasi tidak dapat di install.


4. Sistem Pengaturan Android Belum Di Setting

Hal ini sering terjadi pada beberapa ponsel android yang masih baru. Ponsel baru pada umumnya tidak dan belum pernah dilakukan setting/konfigurasi.

Akibatnya ponsel android tidak dapat memberikan akses suatu aplikasi untuk dapat di install.


Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Gagal Di Install

  1. Masuk ke "Setting" atau "Pengaturan" di hp android anda
  2. Kemudian scroll kebawah dan cari menu "Layar Kunci Dan Keamanan"
  3. Lalu aktifkan "Sumber Tidak Diketahui"
  4. Silahkan pasang kembali aplikasi yang sebelumnya gagal di install.
  5. Selesai

Penutup

Dengan menerapkan cara diatas, maka mulai sekarang anda bisa dengan bebas menginstall aplikasi apapun dan dari manapun, tanpa adanya notifikasi atau pemberitahuan gagal install.

Cara diatas dilakukan agar perangkat smartphone mengizinkan untuk menginstall aplikasi dari sumber lain.

Nah bagaimana sobat, sangat mudah bukan? apakah anda sudah berhasil menerapkan cara diatas? sampaikan pengalaman anda di kolom komentar ya.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel