Cara Mengatasi Modem Yang Lemot Dan Mudah Panas

Cara Mengatasi Modem Yang Lemot Dan Mudah Panas

Modem merupakan salah satu benda paling penting yang selalu menjadi andalan ketika ingin menghubungkan perangkat komputer ke internet. Tanpa adanya modem, maka komputer akan kesulitan untuk terhubung ke internet.

Memang benar modem punya peran yang cukup penting bagi suatu komputer, namun ada beberapa masalah yang membuat kebanyakan orang meninggalkan modem sebagai alat penghubung ke internet.

Masalah paling umum yang sering terjadi adalah kondisi modem yang lemot dan cepat panas. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa orang-orang mulai meninggalkan modem.

Tapi tenang, karena pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada anda sebuah cara untuk mengatasi hal tersebut. Mau tahu bagaimana caranya? silahkan simak ulasan dibawah ini.

Tapi, sebelum anda mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah modem lemot dan mudah panas, tidak ada salahnya kalau anda juga mengetahui faktor penyebabnya. Berikut pembahasannya:


Faktor Penyebab



1. Modem Berkualitas Rendah

Faktor pertama yang menjadi penyebab mengapa modem menjadi lemot dan mudah panas adalah karena faktor internal dari modem itu sendiri.

Setiap modem yang ada di pasaran pastinya memiliki harga yang berbeda-beda, hal ini disebabkan oleh kualitas dari modem itu. Jika kualitas modem itu tergolong bagus, maka harganya akan semakin mahal.

Kualitas modem itu bisa dilihat dari banyak hal, salah satunya adalah bahan penyusun modem itu sendiri.

Jika bahan yang digunakan dalam pembuatan modem itu adalah bahan murahan yang memiliki kualitas kurang baik, maka modem akan mudah rusak.

Salah satu bahan penyusun modem yang kurang baik apabila digunakan ialah plastik. Hal ini karena plastik adalah konduktor panas yang buruk, sehingga apabila tetap digunakan bisa berakibat modem menjadi overheat.

Oleh sebab itu, anda sebagai konsumen harus lebih bijak dalam menentukan modem mana yang sekiranya memiliki kualitas yang baik.


2. Suhu Ruangan

Suhu ruangan ternyata juga dapat mempengaruhi kondisi dari modem. Suhu ruangan yang tidak stabil bisa mengakibatkan modem menjadi cepat panas dan lemot saat digunakan.

Jika anda menggunakan modem dalam ruangan terbuka yang memiliki suhu panas yang tinggi, maka hal itu akan menjadi faktor yang sangat mempengaruhi kondisi modem. Modem bisa saja akan mudah panas dan bahkan bisa berujung overheat.

Maka dari itu, setidaknya anda menggunakan modem dalam ruangan yang memiliki suhu stabil.


3. Penggunaan Modem Yang Berlebihan

Modem yang digunakan secara terus menerus tanpa adanya jeda waktu dapat mengakibatkan modem cepat panas atau bisa saja mengalami overheat.

Walau bagaimanapun juga modem adalah sebuah perangkat elektronik yang punya batasan dalam penggunaan. Ia tidak bisa dipaksa secara terus menerus untuk mengkoneksikan internet.

Terlebih lagi bila digunakan untuk aktivitas berat, seperti bermain game online, streaming video HD, dan juga mendownload.

Jika tidak ada batasan jeda, maka bukan hanya bisa mengalami overheat saja, mungkin modem juga akan cepat rusak.

Jadi anda harus bisa mengatur penggunaan modem dengan baik dan benar.


4. Sinyal Yang Lemah

Siapa yang menyangka bahwa sinyal juga dapat mempengaruhi kondisi modem anda. Tapi hal ini memanglah benar, sebab saat sinyal melemah, maka modem akan bekerja secara ekstra untuk mendapatkan sinyal.

Dan ketika modem berusaha mencari sinyal di sekitarnya, maka ia juga akan menggunakan sumber daya listrik yang cukup besar, akibatnya semua komponen pada modem akan dialiri listrik yang cukup besar.

Jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, maka komponen di dalam modem bisa saja rusak karena tidak kuat menahan aliran listrik yang besar.


Cara Mengatasi Modem Lemot Dan Cepat Panas



1. Berikan Jeda Waktu Kepada Modem Untuk Istirahat

Seperti yang sudah saya sampaikan pada penjelasan sebelumnya, bahwa modem yang dipaksakan untuk mengkoneksikan internet dapat mengakibatkan overheat atau panas yang berlebihan.

Akibatnya modem menjadi lemot dan bisa juga mempercepat kurasakan komponen modem. Untuk itu berikanlah modem jeda waktu untuk istirahat, setidaknya 2-3 menit.


2. Pastikan Suhu Sekitar Dalam Keadaan Stabil

Hal ini sudah jelas sekali, bahwa suhu disekitar juga ikut berpengaruh terhadap kondisi modem yang lemot dan mudah panas. Oleh sebab itu pastikan bahwa anda menggunakan modem dalam area bersuhu stabil.


3. Hindarkan Modem Dari Benda Elektronik

Benda-benda elektronik seperti televisi, hp, radio dan sebagainya juga ikut mempengaruhi kondisi dari modem yang anda gunakan.

Benda elektronik ternyata mampu menghasilkan radiasi panas, akibatnya suhu modem juga akan ikut naik. Oleh sebab itu alangkah baiknya anda menjauhkan benda-benda elektronik dari modem ya.


4. Gunakan kipas

Untuk menghindari masalah overheat pada modem, maka anda bisa menambahkan perangkat lain seperti kipas. Jadi suhu modem akan lebih sejuk dan stabil.


Penutup

Bagaimana sobat, mudah bukan cara mengatasi modem yang lemot dan mudah panas? anda bisa mencobanya sendiri para perangkat modem anda.

Dengan menerapkan cara diatas, maka bukan hanya dapat mengatasi masalah panas dan lemot pada modem, tapi juga mampu memperpanjang usia modem.

Saya rasa cukup sampai disini saja pembahasan kali ini. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan berikutnya.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Mengatasi Modem Yang Lemot Dan Mudah Panas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel