-->

Contoh Soal UTS Sejarah Kelas 10 SMA/MA Dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal UTS Sejarah Kelas 10 SMA/MA Dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal UTS Sejarah Kelas 10 SMA/MA Dan Kunci Jawabannya - Kembali lagi bersama saya di situs berbagi informasi paling-top21, dimana informasi-informasi menarik dan bermanfaat dibagikan secara gratis untuk kebaikan bersama.

Seperti biasanya, saya akan membagikan soal-soal yang diharapkan bisa membantu anda dalam melatih kemampuan mengerjakan soal, baik untuk latihan UN/UNBK, USBN, UKK, atau UTS.

Soal yang akan saya bagikan kali ini adalah mengenai contoh soal Ujian Tengah Semester (UTS) mata pelajaran sejarah, khusus untuk kelas X (Sepuluh) SMA.

Dimana, seperti biasanya, soal-soal yang saya bagikan ini tentunya sudah dilengkapi dengan kunci jawaban, agar anda mudah memahami dan menelaah isi dan maksud dari masing-masing soal.

Nah, berikut adalah 45 contoh soal UTS mata pelajaran sejarah kelas 10 SMA:

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


1. Sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dibuktikan dengan kenyataan. Pengertian sejarah tersebut dikemukakkan oleh....
a. Taufik Abdullah
b. Moh. Yamin
c. R. Moh. Ali
d. Kuntowijoyo
e. Benedeto Croce
Jawaban: b

2. Suatu peristiwa sejarah yang diceritakan dan disusun berdasarkan urutan kejadian tanpa dijelaskan mengenai hubungan sebab akibat antara peristiwa disebut....
a. diakronik
b. sinkronik
c. interpretasi
d. periodisasi
e. kronik
Jawaban: e

3. Pendekatan struktur dan fungsional melihat potret masyarakat dalam keadaan waktu tertentu atau terbatas merupakan gambaran pendekatan yang bersifat....
a. kronik
b. sinkronik
c. interpretasi
d. periodisasi
e. diakronik
Jawaban: b

4. Salah satu cara untuk menafsirkan fakta sejarah dan merangkai fakta-fakta sejarah tersebut menjadi satu kesatuan yang harmonis dan masuk akal terhadap suatu peristiwa disebut....
a. diakronik
b. kausalitas
c. sinkronik
d. interpretasi
e. periodisasi
Jawaban: d

5. Pembuatan periodisasi sejarah salah satu tujuannya adalah....
a. memudahkan pencarian sumber sejarah
b. memudahkan mempelajari sejarah
c. adanya bukti sejarah
d. kronologi sejarah
e. kemampuan sejarah
Jawaban: b

6. Manusia dalam sejarah diposisikan sebagai....
a. objek sejarah
b. subjek sejarah
c. makhluk sejarah
d. objek dan subjek sejarah
e. pencipta sejarah
Jawaban: d

7. Hubungan sebab akibat dalam sejarah disebut....
a. periodisasi
b. kausalitas
c. kronologi
d. interpretasi
e. diakronik
Jawaban: b

8. Dalam sejarah yang dapat terjadi berulang kali adalah....
a. peristiwa
b. pola
c. waktu
d. tempat
e. pelaku
Jawaban: b

9. Berikut ini yang bukan merupakan ruang lingkup sejarah, yaitu....
a. peristiwa
b. seni
c. kisah
d. ilmu
e. cerita
Jawaban: e

10. Dimensi waktu dalam sejarah disebut....
a. spasial
b. temporal
c. struktur
d. babakan
e. masa
Jawaban: b

11. Kata sejarah diambil dari kata syajarotun, berasal dari bahasa....
a. Sanskerta
b. Inggris
c. Belanda
d. Arab
e. Kawi
Jawaban: d

12. Makna harfiah sejarah sebagai sesuatu yang telah terjadi, terdapat pada kata....
a. syajarotun
b. silsilah
c. history
d. kronik
e. geschicht
Jawaban: e

13. Sejarah adalah catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat, dikemukakan oleh...
a. Nugroho Nutosusanto
b. Patick Gardiner
c. Ibnu Khaldun
d. J.V. Bruce
e. Soekarno
Jawaban: c

14. Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia karena....
a. kehidupan manusia dibentuk oleh sejarah
b. manusia yang menciptakan sejarah
c. manusia memengaruhi gerak sejarah
d. sejarah menceritakan kisah hidup manusia
e. sejarah merupakan kenangan masa lalu manusia
Jawaban: b

15. Dengan mempelajari sejarah, kita akan mempunyai wawasan sejarah. Pernyataan ini menurut pendapat....
a. Nugroho Notosusanto
b. C.P. Hill
c. Sartono Kartodirdjo
d. E.H. Carr
e. Roeslan Abdulgani
Jawaban: a

16. Peristiwa sejarah itu abadi karena
a. dapat terjadi dua kali
b. dapat terjadi secara berubah-ubah
c. tidak dapat berubah-ubah
d. terjadi hanya satu kali
e. peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penting
Jawaban: c

17. Sejarah bisa dikategorikan ilmu dengan beberapa cirinya. Berikut yang menempatkan ciri sejarah dalam keilmuan sebagai pengalaman manusia adalah...
a. memiliki objek
b. bersifat empiris
c. memiliki teori
d. memiliki eksistensi
e. memiliki metode
Jawaban: b

18. Sebuah peristiwa dapat dianggap sebagai sejarah bila....
a. tidak ada yang mencatat peristiwa tersebut
b. ada yang mengingatnya
c. peristiwa itu lumayan penting
d. peristiwa tersebut benar-benar memengaruhi kehidupan masyarakat luas
e. dikisahkan oleh seorang abdi istana
Jawaban: d

19. Berikut ini yang termasuk kelemahan sejarah sebagai seni adalah....
a. kebeneran bersifat objektif
b. penyusunan yang sistematis
c. pemikiran yang rasional
d. berkurangnya ketetapan
e. memiliki metode
Jawaban: d

20. Untuk menjelaskan segi sosial dari suatu peristiwa, dalam penulisan sejarah dibutuhkan pendekatan....
a. sosiologi
b. antropologi
c. politik
d. ekonomi
e. geografi
Jawaban: a

21. Masyarakat Barat melihat waktu sebagai....
a. perubahan
b. perkembangan
c. kontinuitas
d. garis lurus
e. siklus
Jawaban: d

22. Secara etimologis kata diakronik diambil dari bahasa.....
a. Inggris
b. Belanda
c. Yunani
d. Jerman
e. Romawi
Jawaban: c

23. Konsep sejarah yang mementingkan struktur disebut....
a. diakronik
b. sinkronik
c. anakronik
d. kronik
e. kronologi
Jawaban: b

24. Berikut ini merupakan jenis interpretasi, kecuali....
a. teknis
b. verbal
c. psikologis
d. logis
e. personal
Jawaban: e

25. Dalam sejarah, terdapat dimensi ruang dan waktu. Setiap masyarakat memiliki pandangan yang berbeda mengenai waktu. Masyarakat timur melihat waktu sebagai sebuah.....
a. perubahan
b. perkembangan
c. kontinuitas
d. garis lurus
e. siklus
Jawaban: e

26. Supaya waktu dalam setiap peristiwa sejarah bisa dipahami maka perlu dibuat....
a. periodisasi
b. ruang
c. kausalitas
d. kontinuitas
e. linier
Jawaban: a

27. Hubunan antar manusia dengan sejarah sangat erat. Hal ini karenakan manusia merupakan....
a. objek sejarah
b. subjek sejarah
c. makhluk sejarah
d. objek dan subjek sejarah
e. pencipta sejarah
Jawaban: d

28. Berikut ini ciri-ciri sejarah sebagai ilmu yang dikemukakan oleh Kuntowijoyo, kecuali....
a. bersifat empiris
b. memiliki metode
c. memiliki teori
d. sejarah sebagai suatu konsep
e. memiliki objek
Jawaban: d

29. Sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan tidak kurang tidak lebih. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh....
a. J.B. Burry
b. York Powell
c. R. Moh. Ali
d. Moh. Yamin
e. Kuntowijoyo
Jawaban: a

30. Unsur sejarah yang berhubungan dengan aspek geografis adalah....
a. waktu
b. ruang
c. manusia
d. tempat
e. wilayah
Jawaban: b

31. Apakah sejarah dapat terulang kembali?
Jawaban: sejarah tidak dapat terulang kembali sebab sejarah merupakan peristiwa yang unik karena hanya sekali terjadi dan tidak pernah terulang kembali persis sama untuk kedua kalinya.

32. Peristiwa sejarah bersifat abadi karena....
Jawaban: tidak berubah-ubah

33. Menurut Kuntowijoyo objek sejarah sebagai ilmu adalah...
Jawaban: manusia

34. Urutan peristiwa sejarah yang terjadi disebut....
Jawaban: kronologi

35. Secara etimologi sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu....
Jawaban: syajarotun

36. Unsur-unsur sejarah, yaitu ruang, waktu, dan....
Jawaban: manusia

37. Dimensi temporal adalah konsep sejarah terhadap....
Jawaban: waktu

38. Kausalitas merupakan inti dari penjelasan sejarah, dikemukakan oleh....
Jawaban:  Sartono Kartodirdjo

39. Tanpa kronologi, penyusunan peristiwa sejarah akan menimbulkan....
Jawaban: anakronisme

40. Metode penyusunan dan pengolahan sumber, yaitu....
Jawaban:  interpretasi

41. Mengapa timbul perbedaan pandangan mengenai definisi sejarah? Jelaskan!
Jawaban: timbulnya perbedaan pandangan mengenai definisi sejarah dikarenakan setiap orang akan memiliki argumen yang berbeda dan dari pendidikan yang berbeda, selain itu juga sumber yang diambil pun berbeda

42. Jelaskan ciri-ciri utama sejarah!
Jawaban: ciri-ciri utama sejarah, yaitu:
a. Peristiwa yang abadi
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang abadi, karena peristiwa tersebut tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa
b. Peristiwa yang unik
Peristiwa sejarah unik karena hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang sama persis sama untuk kedua kalinya
c. Peristiwa yang penting
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang penting dan dapat dijadikan momentum kehidupan semua orang.

43. Mengapa interpretasi harus bersifat objektif? Jelaskan!
Jawaban:  interpretasi harus bersifat objektif sebab di dalam interpretasi terdapat unsur subjektivitas. Oleh karena itu, agar bersifat objektif diperlukan konsep atau teori dan pendektan untuk menekan subjektivitas, sehingga interpretasi lebih objektif.

44. Sebutkan alasan penggunaan konsep three age system oleh sejarawan!
Jawaban:
a. Jumlah tiga mudah diingat
b. antara periode pertama dan ketiga sangat berbeda, dan
c. periode kedua umumnya periode peralihan

45. Sejarah dalam bahasa Belanda adalah.... 
Jawaban: geschiedenis


Penutup

Itu dia 45 contoh soal UTS kelas 10 SMA untuk mata pelajaran sejarah, semoga soal-soal diatas mampu memberikan faedah (manfaat) kepada anda.

Saya juga ingin mengucapkan mohon maaf yang sebesarnya, karena mungkin disetiap soal-soal yang saya bagikan terdapat kesalahan penulisan, ejaan, jawaban, atau kekeliruan. Namun terlepas dari itu, saya ucapkan terimakasih kepada anda yang sudah berkenan berkunjung di situs blog ini. Terimakasih.

Baca juga

Post a Comment