Apa Itu Komputer??

Apa itu Komputer??

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita sering mendengar yang namanya komputer. Dan mungkin kamu juga salah satu orang yang sering mengucapkan kata komputer .

Jika anda sering mendengar dan mengucapkan kata-kata yang berkaitan dengan komputer, pastinya anda sudah tahu apa itu komputer bukan?

Kalau memang anda sudah paham betul apa itu komputer, coba jelaskan pada saya apa itu komputer?

Komputer adalah sebuah alat elektronik yang terdiri dari monitor, mouse, keyboard, dan cpu. Komputer pada umumnya digunakan untuk membantu setiap pekerjaan manusia, seperti untuk urusan kantor, pembelajaran, berbagi informasi, media hiburan dan lain sebagainya.

Selamat, kamu Benar!!

Saya rasa anda memang sudah mengerti mengenai pengertian umum dari komputer ya. Lalu apa yang akan kita bahas kali ini? Kalau anda sudah tahu apa itu komputer.

Tentu saja kita akan membahas mengenai komputer!! Dan tentunya bukan sekedar pembahasan umum saja, namun kita akan membahas lebih mendalam lagi mengenai komputer.

Apa Itu Komputer?

Pengertian komputer dapat dilihat dari dua sisi, yaitu pengertian secara harfiah dan pengertian secara istilah. Mari kita bahas satu persatu.

Pengertian komputer Secara harfiah


Komputer berasal dari bahasa inggris yaitu computer. Computer sendiri berasal dari kata to compute yang artinya menghitung, dan diberi imbuhan –er.

Imbuhan “er” dari Kata computer merujuk pada sebuah “alat atau orang yang melakukan sesuatu”.
Dengan begitu “computer adalah alat atau orang yang melakukan kegiatan perhitungan”.

Pengertian Komputer Secara Istilah


Secara istilah komputer adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi membantu tugas sehari-hari melalui operasi perhitungan dan logika yang telah diprogramkan kepadanya.

Jadi komputer adalah alat elektronik yang sudah diprogram sedemikian rupa agar dapat melakukan tugas. Program yang ada pada komputer meliputi dua hal, yaitu perhitungan dan logika.

Program perhitungan digunakan agar komputer dapat melakukan perhitungan aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian maupun perkalian.

Sedangkan program logika difungsikan agar komputer mampu mengerjakan tugas-tugas yang berkaitan dengan penyelesaian masalah.

Contohnya:
ketika kita hendak menguduh/mendownload file dari internet, tenyata muncul sebuah pesan, yang menyatakan bahwa memori penyimpanan penuh.

Kemudian komputer memberikan saran untuk menyelesaikan masalah ini. Silahkan hapus beberapa file lain di media penyimanan anda.

Kurang lebih seperti itulah fungsi program logika pada komputer.

Yang perlu kamu ketahui ialah, komputer pada hakikatnya merupakan alat hitung!!

Jika dilihat dari fungsinya, komputer memiliki kesamaan dengan benda-benda lain seperti sempoa, lidi-lidian, abakus, dan kalkulator. kesamaannya terletak pada fungsinya yaitu melakukan perhitungan.


Lantas hal apa yang membedakan komputer dengan alat hitung lainnya?

Perbedaannya terletak pada kapasitas, kecepatan, ukuran, dan bentuknya.

Penggunaan istilah computer pertama kali digunakan pada tahun 1613. Pada masa itu istilah computer ditujukkan pada seseorang yang ahli dalam melakukan perhitungan.

Penggunaan istilah computer terus berlanjut sampai pertengahan abad 20, yang pada masa itu belum ada komputer elektronik seperti yang kita kenal sekarang.

Tapi semenjak dibuatnya komputer elektronik pertama pada masa perang dunia kedua, istilah computer mulai digunakan untuk menyebut “sebuah alat/mesin”,dan  bukan menyebut “seseorang yang ahli menghitung”.

Dan kini istilah computer mulai dikenal sebagai suatu alat eletronik digital yang mampu melakukan komputasi(perhitungan).

Dengan kemampuan komputasi(perhitungan) yang semakin baik, komputer mulai bisa melakukan tugas-tugas pada berbagai bidang yang mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaannya.

Mengapa komputer disebut sebagai alat elektronik?

Disebut alat elektronik karena dalam mengoperasikan/menjalankan komputer membutuhkan tenaga listrik agar dapat befungi sebagaimana mestinya.

Pada perkembangannya, komputer yang kita kenal saat ini, tidak terus digunakan untuk kegitan perhitungan saja.

Sekarang komputer sudah bisa digunakan untuk mengetik naskah(ms.word), menggambar desain(corel draw), memanipulasi fotografi digital(photoshop), menyusun laman web(Mozilla firefox), bahkan saat ini komputer juga digunakan dalam dunia medis, seperti alat pendeteksi detak jantung.

Akan tetapi, ketahuilah bahwa sesungguhnya segala kemampuan komputer tersebut diperoleh dari kemampuan awal komputer yaitu “perhitungan”.

Jadi walaupun saat ini komputer memiliki banyak fungsi dan kegunaan dalam berbagai bidang, namun komputer tetaplah komputer yang merupakan mesin hitung.

Kemampuan komputer yang beragam adalah hasil dari inovasi dan kreasi teknologi yang dilakukan oleh manusia terhadap komputer, sehingga kemampuan dan fungsi kerja komputer terus berkembang, menjadi lebih cepat, lebih canggih dan lebih baik dari yang sebelumnya.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Apa Itu Komputer??"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel