Tes Kecepatan Blog Anda Dengan Page Speed Insights & GT Metrix

Test Kecepatan Blog

Kecepatan website atau blog merupakan suatu permasalahan kecil yang mampu memberikan efek besar bagi kelangsungan suatu blog. Walaupun kelihatannya sepele, namun jika terus diabaikan malah akan membuat kerugian besar bagi blog anda.

Kecepatan blog sangat berpengaruh pada jumlah pengunjung yang datang.

Apa hubungannya kecepatan blog dengan visitor?

Tentu keduanya saling berhubungan. Coba bayangkan, Semisal anda ingin mencari informasi mengenai “cara cek kecepatan blog” di google search, kemudian anda membuka salah satu alamat blog yang relevan dengan keyword anda.

Namun ternyata ketika anda membukanya, situs tersebut merespon secara lambat. Atau bisa dibilang loading blognya lambat.

Baca Juga: Strategi Mendapat Backlink Berkualitas, Aman, & Tahan Lama.

Apa yang akan anda lakukan?

Apa anda akan terus menunggu hingga loadingnya selesai?

Tentunya Tidak!! Anda akan meninggalkan situs tersebut dan mencari situs lain yang memiliki respon cepat saat dibuka.

Itu berarti situs pertama yang anda buka di search engine telah kehilangan 1 visitor.

Coba bayangkan bila dalam sehari terdapat 50 visitor yang menggunakan keyword “Cara mengetahui kecepatan website/blog”. Lalu apa jadinya bila dalam sebulan visitor terus berdatangan dengan menggunakan keyword yang sama?

Itu berarti anda telah kehilangan 50x30=1500 visitor dalam satu bulan.

Oleh sebab itu, jangan pernah meremehkankan hal kecil, karena semua hal besar berasal dari hal kecil.

Baiklah saya rasa anda sudah mulai menyadari betapa pentingnya kecepatan suatu blog/website. Dan untuk itulah anda berada disini, membaca dan memahami isi dari tulisan ini.

Dan tahukah kamu, bahwa anda datang kesini bukan tanpa sebab. Jika anda datang kesini dengan alasan untuk mengetahui “cara cek kecepatan loading blog atau website” itu berarti anda datang ketempat yang tepat.

Oke sesuai judul diatas, saya akan menjelaskan bagaimana mengukur kecepatan blog/website dengan menggunakan Tools.

Saya hanya akan menjelaskan cara menggunakan dua tools saja, karena kedua tools ini adalah yang terbaik dan ter akurat saat ini. Saya akan menggunakan dua Tools untuk check kecepatan website, yaitu pagespeed insights & GTmetrix.

cara cek kecepatan loading blog atau website dengan pagespeed insights:



  1. Silahkan buka situs pagespeed insights berikut: PageSpeed Insights
  2. Masukkan url blog anda pada kolom yang telah disediakan
  3. Klik ANALYZE.


Tunggu beberapa saat, hingga tampil score/nilai kecepatan blog anda. Ada dua nilai/score yang ditampilkan yaitu score untuk kecepatan pada tampilan desktop dan tampilan mobile.

Jika score/nilai anda kurang dari 75/100 maka artinya kecepatan blog anda tergolong lambat. Dan jika score diatas 75/100, maka itu artinya kecepatan blog anda sudah bagus.

cara cek kecepatan loading blog atau website dengan GTmetrix:



  1. Kunjungi situs GTmetrix berikut: GTmetrix
  2. Masukkan url blog anda pada kolom yang tersedia
  3. Lalu klik pada ANALYZE.


Jika score/nilai yang ditampilkan kurang dari 70% itu menandakan bahwa kecepatan blog anda tergolong lambat.

Setelah anda mengetahui  bagaimana cara mengukur kecepatan blog/website maka saya merasa anda sudah puas dengan informasi ini bukan?

Tunggu dulu..!!

Apa anda sudah melihat hasil nilai/score yang ditampilkan? Bagimana, apa anda sudah puas dengan hasilnya? Apakah blog anda sudah tergolong cepat, atau malah sebaliknya?

Jika anda sudah merasa puas dengan score/nilai yang didapat, maka anda boleh meninggalkan artikel ini. Tapi jika anda merasa masih membutuhkan informasi disini silahkan dibaca lagi ya.

Mungkin anda bertanya-tanya dalam diri anda. Mengapa score/nilai saya hancur begini? Apa alasanya? Kenapa scorenya kecil...?

Ya, tentu saja semua ada alasanya. Termasuk alasan mengapa score yang ditampilkan kecil.

Berikut adalah beberapa penyebab blog/website anda menjadi lambat:

1. Template


Salah satu penyebab lambatnya loading suatu blog adalah karena template yang digunakan. Pemilihan template yang sembarangan bisa membuat blog anda menjadi lambat, seperti keong.

Jangan tergoda dengan template yang punya tampilan kece badai. Sebab tampilan sekeren apapun tidak akan berguna jika speednya lambat.

Jadi jika anda ingin loading blog anda secepat kilat, pilihlah template yang memiliki score baik di pagespeed insights atau GTmetrix.

Kalau saya boleh memberi saran, pilihlah template premium yang sudah terjamin kecepatannya.

Kenapa premium?

Intinya, template premium punya banyak kelebihan dibanding template-template gratisan. Tapi bukan berarti template gratisan itu tidak bagus ya. Saya juga salah satu pengguna template gratisan loh.

Lihat saja blog ini, blog ini memakai template gratisan juga loh.

Saya mau beli template premium, tapi dimana tempat beli template premium yang punya score baik di pagespeed insights dan GTmetrix?

Saya menyarankan anda untuk membeli template premium di kodejarwo.com. Template-template di sana sudah terjamin kecepatannya. Semua template di kodejarwo mempunyai score yang sangat baik di pagespeed insights dan GTmetrix.

PageSpeed KodeJarwo


Anda akan mendapat score 100/100 pada  pagespeed insights dan 100% pada GTmetrix jika anda menggunakan template di kodejarwo.com

Score GT metrix KodeJarwo


Saya tidak punya uang untuk beli template premium?

Tenang saja. Di kodejarwo.com juga tersedia template gratis yang memiliki speed yang hampir setara dengan template premium.

2. Iklan


Iklan/ads juga menjadi salah satu faktor lambatnya loading suatu blog/website.  Jadi pastikan anda tidak menempatkan iklan secara berlebihan pada blog anda.

3. Widget


Ini juga merupakan penyebab dari lambatnya suatu blog. Pastikan anda menggunakan widget yang memang diperlukan ya. Jangan sampai anda menggunakan widget secara berlebihan, karena dapat mempengaruhi kecepatan blog anda.

Baca Juga: Penyebab Akun Adsense Dibanned.

4. Gambar


Pastinya dalam membuat suatu konten/artikel tidak telepas dari penggunaan gambar sebagai ilustrasi supaya tulisan menjadi lebih hidup. Namun kadang kala anda tidak perduli dengan ukuran dari gambar yang digunakan.

Gambar yang memiliki ukuran besar dapat membuat blog anda menjadi lambat. Maka dari itu ada baiknya sebelum anda menggunakan gambar, terlebih dahulu melakukan komresisasi agar ukuran gambar tidak terlalu besar.

Semoga informasi mengenai “Cara mengetahui kecepatan blog/website” dapat bermanfaat untuk anda, dan semoga anda dapat lebih memperhatikan kenyaman pengunjung blog anda, salah satu caranya dengan meningkatkan kecepatan blog anda.
Show comments
Hide comments

2 Responses to "Tes Kecepatan Blog Anda Dengan Page Speed Insights & GT Metrix"

  1. mantap om, template ini blog ini wus-wus bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, benar om. Kecepatan loading template juga perlu diperhatikan, agar visitor betah berlama-lama

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel