Jarang Diketahui, Inilah sistem Operasi Buatan Anak Bangsa (Indonesia)

OS Asal Indonesia

Tentu kamu sudah mengenal apa itu sistem operasi bukan. Sistem operasi merupakan salah satu hal penting yang harus ada pada komputer.

Sistem operasi atau yang biasa di sebut “OS” merupakan software (perangkat lunak) yang di gunakan sebagai media untuk menjembatani (menghubungkan) hardware (perangkat keras) dengan pengguna komputer (User).

Tanpa adanya sistem operasi maka komputer tidak akan berjalan dengan baik. Dan tahukah kamu bahwa Salah satu sistem operasi yang sering kita gunakan adalah “windows”.

OS windows adalah sistem operasi Komputer yang paling banyak di gunakan saat ini, baik oleh perusahaan, sekolah, pemerintahan maupun pemakaian pribadi.

Namun sayang windows merupakan sistem operasi berbayar alias tidak gratis. Walaupun tidak gratis (berbayar) tapi OS ini masih menjadi primadona bagi semua pengguna komputer.

Tapi apakah kamu tahu, bahwa Indonesia juga punya sistem operasi buatan sendiri? Dan  hebatnya lagi sistem operasi buatan indoensia ini bisa kita dapatkan secara gratis alias tidak perlu membayar.
Bagi kamu yang sudah mulai penasaran, silahkan baca sampai selesai ya.

Sistem Operasi open source buatan Indonesia, yang tidak kalah dengan Sistem Operasi luar negeri


Baca Juga: Belum Lengkap Kalau Komputer Kamu Tidak Ada Software Ini.

1. Garuda OS


Garuda OS merupakan sistem operasi yang berdasarkan pada linux dengan karakteristik open source atau OS yang bisa di dapatkan secara gratis.

Bagi kamu yang masih pemula dalam linux tidak perlu khawatir, OS ini memiliki desain yang hampir sama seperti windows pada umumnya.

OS ini merupakan sistem operasi yang user friendly dan mudah di gunakan. Beberapa fitur yang di sajikan oleh OS ini bisa di bilang cukup lengkap.

Mulai dari aplikasi perkantoran, internet, multimedia, edukasi, dan game. Semua fitur tadi sudah tersedia dalam sistem operasi ini.

Walaupun fitur yang ditawarkan cukup banyak, Namun spesifikasi yang di butuhkan untuk dapat menjalankan OS ini tidak terlalu tinggi. Bahkan prosesor sekelas Pentium IV saja masih bisa menjalankan OS ini.

Untuk saat ini Garuda OS telah mendukung 60 bahasa dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak berhenti sampai di sini, kelebihan lainnya adalah Garuda OS juga mendukung berbagai macam aplikasi berbasis windows.

2. BlankOn


Siapa sih yang tidak kenal dengan OS yang satu ini? Hampir semua pencinta linux pasti tahu siapa sih BlankOn itu.

BlankOn merupakan OS yang dibuat oleh YPLI (Yayasan Penggerak Linux Indonesia) bersama Tim Pengembang OS BlanOn. Tujuan di buatnya OS ini adalah untuk membuat distribusi linux baru yang tidak kalah dengan linux lainnya.

Selain itu pengembangan OS ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, sehingga wajar saja jika OS ini di nobatkan sebagai sistem operasi paling user friendly.

Beberapa keunikan dari BlankOn adalah penggunaan bahasa indonesia pada antarmukanya, sehingga sangat mudah untuk di pahami oleh para penggunanya.

Selain itu, tampilan grafis pada BlankOn juga terbilang unik dan khas, karena tampilannya menggambarkan kebudayaan dan keberagaman di Indonesia.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat Jaringan Komputer, Kerugian Jaringan Komputer, Dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer.

3. Kuliax OS


Bagi kamu mahasiswa maupun mahasiswi saya rasa kamu harus menggunakan OS ini. Kuliax OS adalah sistem operasi yang di tujukan untuk pendidikan, perkuliahan dan penelitian, jadi sangat cocok digunakan untuk menunjang aktifitas kuliah kamu.

Kuliax ini di kembangkan dengan berdasarkan pada debian, yang pastinya akan sangat stabil dan ringan ketika digunakan.

OS ini telah di lengkapi dengan software perkantoran, multimedia, internet. Namun jangan khawatir fitur utama dari OS ini adalah sudah tersedianya banyak program pendidikan khususnya untuk perguruan tinggi.

4. IGN (IGOS Nusantara)


Baca Juga: Apa Itu Komputer??

IGOS Nusantara atau dapat di singkat IGN merupakan OS buatan Indonesia yang jarang diketahui oleh publik. Walaupun begitu, OS ini memiliki banyak keunggulan diantaranya:

Penggunaan antarmuka dengan bahasa Indonesia, tampilan grafis yang bernuansa Indonesia, Pembaharuan di lakukan setiap tahunnya, tersedia versi 64 bit yang dapat membuat performa OS ini meningkat.

Bagi anda yang takut kehilangan data pribadi, mulai sekarang kamu tidak perlu takut lagi, karena “IGOS” ini kebal terhadap berbagai macam serangan virus serta memiliki sistem keamanan yang baik.

Untuk bagian fitur IGN telah menyediakan berbagai macam fitur seperti libre office, gimp, blender, firefox, thunderbird, vlc, audio mixer dan masih banyak lagi.

5. TeaLinux


Dari namanya saja sudah terasa menyegarkan ya. OS yang satu ini merupakan sistem operasi yang menggunakan nama minuman khas Indonesia banget ya.

Teh adalah minuman khas Indonesia yang dapat di nikmati oleh siapa saja, begitu pula TeaLinux ini dapat di gunakan oleh siapa saja.

DI kutip dari berbagai sumber, OS satu ini katanya di khususkan untuk programming. Namun bukan berarti orang biasa tidak dapat menggunakan OS ini ya.

OS ini pada dasarnya sama saja dengan sistem operasi lainnya, tersedia banyak fitur dan juga software pendukung seperti software perkantoran, internet, audio, video, game dan lain-lain.

Baca Juga: Kupas Tuntas Mengenai Command Prompt(Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, & Perintah-Perintah).

TeaLinux ini sangat cocok buat kamu yang suka kedamaian dan ketenangan, pasalnya tampilan grafis dari OS ini tampilan alami yang bikin nyaman bila di gunakan.

Nah itu dia beberapa sistem operasi yang merupakan karya anak bangsa. Bagi anda yang sering memakai windows atau OS lain sebaiknya kamu beralih ke salah satu sistem operasi di atas.

Cintailah produk Indonesia.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Jarang Diketahui, Inilah sistem Operasi Buatan Anak Bangsa (Indonesia)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel