Wibu Adalah..?

Wibu Adalah..?
Pernah dengar kata wibu, vvibu, atau weeaboo? saya rasa bagi anda para pecinta anime jepang pastinya sudah sangat akrab dengan kata-kata tersebut. Kata wibu, vvibu dan weeaboo sebenarnya merupakan kata yang sama, yang mana kata tersebut merujuk pada seseorang.

Kata wibu sendiri pada dasarnya memiliki konotasi dan makna yang negatif. Dikatakan negatif karena banyak orang yang beranggapan bahwa wibu adalah sebuah hobi yang aneh, unik, lebay, dan terlalu dibuat-buat.

Tapi anggapan ini tidak sepenuhnya benar, sebab hal ini tergantung pada bagaimana sifat dan karakter dari setiap wibu itu sendiri.

Jadi ada wibu yang lebay dan ada yang tidak. Namun karena kebanyakan para wibu di dominasi oleh orang lebay maka wibu mulai dianggap sebagai sesuatu yang memiliki kesan negatif.

Tapi apa sih pengertian dari kata wibu itu?

Jadi wibu adalah sebuah istilah dari jepang yang merujuk pada seseorang yang menyukai dan menggemari hal-hal yang berurusan dengan dunia jepang.

Bisa suka pada anime-anime jepangnya, tradisi jepang, orang jepang, budaya jepang, dan bahkan saking senangnya dengan dunia jepang, ada sosok wibu yang bahkan menganggap dirinya sebagai orang jepang.

Wah, kalau sudah begini berarti ini adalah tipe wibu yang sudah parah.

Nah agar anda bisa mengenal lebih dalam, apa itu wibu. Saya telah menyajikan beberapa kriteria mengapa seseorang dikatakan sebagai wibu:


  1. Suka nonton film animasi jepang.
  2. Suka dan selalu ingin ikut festival jepang.
  3. Hobi mengkoleksi komik anime jepang.
  4. Sering pakai baju/kaos anime jepang.
  5. Sering nonton drama jepang.
  6. Suka mempelajari Bahasa Jepang.
  7. Suka mengkoleksi lagu pop jepang.
  8. Suka cosplay anime jepang.
  9. Sering berbicara bahasa jejepangan.
  10. Menyukai karakter atau tokoh game jepang.
  11. Sering menirukan gaya karakter anime jepang.
  12. Dan lain sebagainya.


Selain dari 12 kriteria wibu, ternyata ada beberapa ciri utama mengapa seseorang dikatakan wibu:


1. Sangat Terobsesi Dengan Dunia Jepang


Seorang wibu biasanya akan dikatakan sebagai wibu sejati apabila ia telah mencintai dan mengakui jepang sebagai darah dagingnya.

Dan segala sesuatu yang ada pada dunia jepang, seperti animenya, budayanya, bahasanya, dan orang-orangnya adalah urat nadi bagi para wibu. Jadi intinya, wibu akan menganggap jepang sebagai hal terbaik di hidupnya.



2. Menjadikan Sosial Media Sebagai Tempat Me-Wibu


Para wibu biasanya akan menjadikan sosial media sebagai tempat untuk menyalurkan hobi wibunya itu. Hal ini biasanya ditandai dengan akun sosial media yang berisikan foto, video dan segala hal yang berbau jepang.

Tapi pada umumnya mereka para wibu akan menggunakan nama akun yang berbau jepang, dilengkapi dengan foto profil anime jepang.

Bukan karena malu dengan foto wajahnya sendiri, melainkan mereka merasa lebih keren dengan menggunakan nama dan foto dari anime jepang.



3. Sering Menghayal


Para wibu tingkat pro biasanya punya karakter unik yang berbeda dari wibu lain. Wibu jenis ini biasanya lebih suka menghayal dirinya menjadi salah satu tokoh di anime jepang.

Atau bahkan menghayal dirinya menjadi orang jepang, bisa berbahasa jepang, dan sebagainya.



4. Suka Bergaya Seperti Tokoh Anime


Dan ciri wibu yang terakhir adalah, sifatnya yang suka bergaya layaknya tokoh atau karakter dari anime.

Tokoh-tokoh anime jepang yang punya gaya/style keren dan kece biasanya akan menjadi inspirasi tersendiri bagi para wibu.

Dan saat sang wibu sudah terobsesi dengan tokoh anime tersebut, ia akan menirukan gaya-gaya dari tokoh/karakter anime yang diidolakannya.


Itu dia ulasan singkat mengenai dunia perwibuan. Semoga anda bisa mengambil hikmat dari uraian diatas. Kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih dan sampai jumpa.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Wibu Adalah..?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel