5 Macam Bahaya Penggunaan Lipstik Bagi Kesehatan

Bahaya Penggunaan Lipstik
Wanita mana coba yang tidak tahu dan tidak pernah menggunakan lipstik?

Para kaum wanita tentunya sudah tidak asing lagi dengan salah satu alat make up paling populer ini ya. Lipstik adalah peralatan kecantikan yang digunakan untuk memberikan efek tertentu pada bibir, baik itu efek warna, efek lembab, maupun efek berkilau.

Namun pada umumnya lipstik ini banyak digunakan untuk memberikan warna pada bibir, sehingga akan memberikan kesan tertentu pada bibir.

Seiring dengan perkembangan dunia fashion, nampaknya saat ini lipstik sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi setiap wanita. Dari mulai anak sma sampai guru, dan orang tua semuanya menggunakan lipstik.

Tren lipstik dikalangan wanita sepertinya sudah sangat melekat, seperti ada yang kurang bila dalam sehari saja tidak menggunakan lipstik.

Seberapa penting sih lipstik bagi wanita? apa manfaat yang didapat dari menggunakan lipstik?


1. Mempercantik Diri

Manfaat pertama dan paling utama dari menggunakan lipstik adalah untuk mempercantik diri. Dengan menggunakan lipstik, maka aura dalam tubuh seakan keluar dan memancarkan kecantikan dari diri setiap wanita yang menggunakannya.


2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Hal ini tentu berkaitan erat dengan poin 1, ya lipstik akan mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Saat wanita menggunakan lipstik, tentunya penampilannya akan sedikit berubah. Ia akan menjadi lebih cantik dan anggun.

Dan saat seorang wanita merasa dirinya cantik saat menggunakan lipstik, tentunya ia juga akan merasa lebih percaya diri untuk tampil di hadapan banyak orang.


3. Menarik Perhatian Pria

Kaum adam atau kaum pria tentunya akan lebih tertarik dengan lawan jenisnya yang cantik, dan berpenampilan menarik. Nah dengan lipstik ini, para wanita bisa membuat dirinya bisa tampil cantik, menarik dan terlihat anggun di hadapan pada pria.

Selain dari 3 manfaat utama menggunakan lipstik tersebut, sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat yang lainnya, namun saya rasa 3 manfaat saja sudah cukup. Karena pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas mengenai manfaat lipstik, melainkan saya akan membahas mengenai efek samping dari penggunaan lipstik.

Selain banyak manfaat dari penggunaan lipstik bagi kecantikan, ternyata menggunakan lipstik juga cukup berbahaya bagi kesehatan loh. Silahkan simak ulasan berikut.



1. Bibir Menghitam


Walaupun pada dasarnya penggunaan lipstik ditujukan untuk memberikan warna pada bibir, namun ternyata penggunaan lipstik yang kurang tepat akan menimbulkan efek hitam pada bibir. Tidak hanya itu, penggunaan lipstik juga akan berdampak pada kondisi wajah yang terlihat lebih pucat.

Kondisi bibir yang menghitam diakibatkan oleh adanya pengendapan warna dari lipstik itu sendiri. Semakin sering anda menggunakan lipstik maka semakin banyak pula pigmen warna dalam lipstik yang akan mengendap dalam bibir anda. Hal ini juga akan diperparah apabila anda jarang membersihkan lipstik dan bibir anda.

Lalu bagaimana cara agar bibir tidak menghitam setelah menggunakan lipstik?

  1. Bersihkan lipstik dan juga bibir anda dengan benar, dan dilakukan secara rutin setiap hari.
  2. Pilih jenis lipstik yang tidak mudah mengendap.
  3. Pilih produk lipstik dari merek produsen yang berkualitas dan terpercaya.



2. Menyebabkan Alergi


Pemilihan jenis lipstik yang tidak tepat juga akan menimbulkan efek seperti alergi, gatal dan rasa panas di bibir. Ini disebabkan oleh adanya zat kimia dalam lipstik yang tidak bisa diterima oleh sel tubuh akibatnya bisa menimbulkan alergi.

Beberapa jenis lipstik punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, oleh sebab itu anda sebagai konsumen yang cerdas seharusnya mampu memilih dan memilah mana lipstik yang cocok untuk anda. Setidaknya anda harus memilih jenis lipstik sudah teruji kualitas dan keamanannya.



3. Bahaya Merkuri Pada Lipstik


Beberapa produk kosmetik tanpa terkecuali lipstik ternyata mengandung zat merkuri. Zat merkuri adalah zat berbahaya yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami kanker. Kandungan merkuri ini biasanya banyak terdapat pada produk kosmetik tiruan atau palsu.

Merkuri juga banyak dijumpai pada jenis produk kosmetik yang dijual dengan harga murah. Tapi hal ini bisa anda hindari, tentunya dengan cara pemilihan jenis lipstik yang tepat.

Cara untuk memilih jenis lipstik yang aman adalah:

  1. Dengan membeli produk kosmetik asli (original) atau bukan tiruan (KW).
  2. Lebih baik, belilah produk kosmetik yang memiliki harga lebih mahal namun namun kualitas yang ditawarkan lebih baik, ketimbang membeli produk kosmetik dengan harga murah namun kualitasnya jelek.
  3. Saat membeli produk kosmetik, tanyakan terlebih dahulu apa saja kandungan yang ada pada produk tersebut.
  4. Apabila produk kosmetik yang anda beli ternyata tidak cocok dan menyebabkan alergi, segeralah untuk menggantinya.



4. Dapat Mengakibatkan Gangguan Sistem Reproduksi


Sebaiknya anda lebih waspada pada jenis-jenis lipstik yang mengandung zat retinyl palmitate, khususnya bagi anda para ibu hamil. Kandungan retinyl palmitate pada lipstik ternyata memiliki efek yang sangat berbahaya bagi sistem reproduksi wanita.

Zat berbahaya ini juga mampu menimbulkan penyakit kanker apabila tidak segera ditangani. Oleh sebab itu anda harus lebih teliti lagi dalam memilih jenis lipstik yang baik. Hindarilah jenis-jenis lipstik yang mengandung retinyl palmitate.



5. Menyebabkan Bibir Pecah-Pecah


Setiap jenis lipstik pastinya akan ada kandungan zat kimianya, walaupun kandungannya sedikit. Apabila anda terlalu sering menggunakan lipstik setiap hari, tentunya hal ini akan berdampak negatif pada diri anda sendiri.

Kandungan zat kimia pada lipstik akan membuat bibir anda menjadi kasar dan bahkan menyebabkan pecah-pecah pada area bibir. Oleh sebab itu anda harus lebih memperhatikan penggunaan lipstik yang tepat, jangan terlalu sering menggunakan lipstik jika tidak ada urusan penting.



Kesimpulan


Jadi inti dari artikel ini adalah anda harus selalu waspada dan hati-hati pada setiap jenis produk kosmetik terutama lipstik. Jika anda salah dalam pemilihan jenis produk kosmetik tentunya akan berdampak pula pada kondisi kesehatan anda. Untuk itu, alangkah baiknya anda memperhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut:


  1. Perhatikan kandungan zat yang ada pada setiap jenis lipstik. Jika anda menemukan kandungan zat berbahaya, segeralah anda beralih ke jenis produk lain yang lebih aman. 
  2. Jangan terlalu terbawa nafsu saat mendengar harga murah pada penjualan produk kosmetik. Harga murah bukan merupakan sebuah jaminan bagi kualitas suatu produk kosmetik. 
  3. Pilih jenis produk kosmetik yang sudah terjamin kualitas dan keamanannya.


Itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa untuk share dan komen artikel ini ya. Terimakasih.
Show comments
Hide comments

2 Responses to "5 Macam Bahaya Penggunaan Lipstik Bagi Kesehatan"

  1. Sangat bermanfaat sekali artikelnya...
    Dan terima kasih atas informasinya yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali. Dan semoga informasi ini bisa membuat para pemakai lipstik terutama wanita bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan lisptik...

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel