7 Cara Melihat Spek (Spesifikasi) Komputer Dan Laptop

Cara Melihat Spek (Spesifikasi) Komputer
Melihat spesifikasi komputer bukanlah suatu kewajiban yang harus dilakukan, tapi ada beberapa orang yang menjadikan kegiatan melihat spek adalah suatu kewajiban. Seperti halnya gamers yang harus menyesuaikan kemampuan komputer/laptopnya untuk dapat menjalankan game yang akan dijalankan.

Atau bisa juga para desainer digital yang saya rasa perlu dan harus mengetahui spesifikasi dari komputer yang dimiliki.

Ada banyak keuntungan dari mengetahui spesifikasi komputer diantaranya bisa mengetahui kualitas dari komponen komputer, dan dapat menentukan apakah komputer yang digunakan bisa menjalankan game/program tertentu.

Nah bagi kamu yang ingin mengetahui cara-cara mendapatkan informasi detail mengenai spesifikasi komputer, anda bisa mencoba beberapa cara yang sudah saya siapkan dibawah ini:


1. Menggunakan Aplikasi CPU-Z


CPU-Z adalah salah satu jenis aplikasi pihak ketiga yang memberikan layanan berupa informasi rinci mengenai spesifikasi pada komputer atau laptop kamu. Aplikasi ini akan memberikan anda rincian mengenai beberapa perangkat yang terpasang pada komputer anda, seperti Processor, RAM, VGA(kartu grafis), dan beberapa informasi lain.

Alasan mengapa anda perlu memakai aplikasi CPU-Z adalah karena layanan informasi yang ditampilkan lebih lengkap dan akurat.

Untuk dapat menggunakan aplikasi CPU-Z anda bisa mengunduhnya dari beberapa pihak penyedia aplikasi yang ada di Google. Setelah anda berhasil mengunduh aplikasi ini, langkah selanjutnya adalah menginstall aplikasi tersebut.

Apabila proses instalasi telah selesai, anda bisa langsung menjalankan aplikasi CPU-Z ini melalui halaman desktop atau pada direktori tempat anda menginstall aplikasi tersebut. Cukup menunggu beberapa saat maka informasi komputer akan ditampilkan secara lengkap.



2. Menggunakan Terminal (Linux)


Untuk cara yang kedua ini sedikit berbeda, dikatakan berbeda karena cara ini hanya berlaku atau hanya bisa berjalan pada sistem operasi Linux saja. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya yang telah ada pada Linux, yaitu Terminal.

Terminal adalah aplikasi khusus pada Linux yang memiliki kesamaan dengan Command Prompt(CMD). Perbedaannya terletak pada perintah dan penempatannya saja, jika Terminal berada di Linux sedangkan CMD berada di windows.

Alasan kita memanfaatkan Terminal untuk melihat informasi komputer adalah karena kemudahannya. Karena Terminal sudah ada bersamaan dengan sistem operasinya, maka kita tidak perlu repot-repot melakukan installasi lagi.

Kita hanya perlu masuk ke terminal itu sendiri dan mengetikan perintah "sudo lshw"  kemudian tekan "Enter". Dalam beberapa detik saja informasi mengenai komputer akan ditampilkan secara rinci.



3. Menggunakan Layanan DXDIAG


Cara ini merupakan cara yang paling saya sukai, selain praktis cara ini juga bisa dibilang efisien dan mudah diaplikasikan.

Sedikit informasi saja bahwa DXDIAG merupakan aplikasi/layanan bawaan sistem operasi windows. DXDIAG sebenarnya adalah layanan yang digunakan untuk menampilkan informasi directX.

Namun pada kenyataannya layanan DXDIAG ternyata tidak hanya menampilkan informasi directX saja, tetapi juga informasi lain seperti jenis dan tipe sistem operasi, tipe komputer, kapasitas RAM, VGA, dan sebagainya juga ikut ditampilkan.

Untuk dapat menggunakan layanan ini juga sangat mudah, anda hanya perlu mengkombinasikan tombol "win" dan "r" lalu mengetikan perintah "dxdiag" tanpa tanda petik, lalu enter.



4. Menggunakan Layanan Properties


Cara lain yang cukup mudah untuk dilakukan adalah dengan memanfaatkan layanan "properties". Anda hanya perlu melakukan seleksi pada "Computer" atau "My Computer" pada file explorer windows. Kemudian lakukan klik kanan dan pilih pada "properties".

Cara ini memang mudah untuk dilakukan tapi ada kelemahannya yaitu informasi yang ditampilkan tidak lengkap, anda hanya akan mendapati beberapa informasi dasar saja dari komputer anda.



5. Menggunakan Advanced SystemCare


Untuk cara ini sendiri saya rasa masih menjadi hal tabu dikalangan masyarakat, sebab hanya beberapa orang saja yang mau menggunakan layanan ini. Alasan banyak orang tidak mau menggunakan layanan ini, ya salah satunya karena proses dan caranya yang cukup memakan waktu.

Selain itu juga layanan ini cukup menguras kuota internet anda. Sebab layanan ini akan mendownload beberapa program pendukung yang cukup besar untuk menampilkan informasi super lengkap.

Disamping kekurangan layanan ini, ada kelebihan yang akan didapatkan, yaitu informasi yang ditampilkan akan dikupas secara lengkap dan terperici sampai bagian-bagian penting juga akan ditampilkan.



6. Menggunakan Aplikasi TuneUp Utilites


Hampir sama dengan Advanced SystemCare, cara ini adalah dengan memanfaatkan aplikasi yang bernama "TuneUp". TuneUp bekerja layaknya Advanced SystemCare, yaitu dengan mengunduh beberapa program pendukung untuk menampilkan informasi.

Dengan aplikasi ini anda tidak hanya bisa melihat spesifikasi komputer/laptop saja, anda juga bisa melakukan beberapa identifikasi dan penyelesaian masalah apabila terjadi error pada touchpad.



7. Menggunakan Software Speccy


Speccy juga termasuk dalam aplikasi pihak ketiga yang bisa anda manfaatkan untuk mendapat informasi lengkap mengenai komputer anda.

Cukup download dan install saja aplikasi yang bernama Speccy ini, lalu silahkan buka/jalankan aplikasinya, dan saat itu pula anda akan ditampilkan informasi rinci mengenai spesifikasi komputer anda.


Kesimpulan


Untuk dapat mengetahui spesifikasi komputer atau laptop sebenarnya sangat mudah, hanya saja setiap cara punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dalam hal ini anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga apabila ingin mendapat informasi lengkap, namun sebaliknya apabila anda hanya membutuhkan informasi dasar dari komputer anda, maka anda bisa memanfaatkan layanan DXDIAG, Properties, maupun terminal.

0 Response to "7 Cara Melihat Spek (Spesifikasi) Komputer Dan Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel