Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Harddisk Pada Komputer Dan Laptop

Harddisk adalah salah satu media penyimpanan data yang paling banyak digunakan saat ini. Media penyimpanan ini biasanya digunakan pada perangkat elektronik seperti komputer atau laptop.

Alasan mengapa komputer dan laptop menggunakan media penyimpanan berupa Harddisk, ya salah satunya karena kapasitas penyimpanan yang besar hingga 1 TB, bahkan kabarnya kapasitas terbesar dari Harddisk sudah bisa mencapai 3 TB.

Selain karena kapasitasnya yang besar, pemilihan Harddisk sebagai media penyimpanan juga disebabkan oleh faktor karakteristik-Nya yang bersifat tetap.

Maksudnya adalah harddisk mampu menyimpan data yang mana data tersebut akan tetap ada walaupun tidak ada aliran listrik yang mengalir pada Harddisk.

Nah dari semua kelebihan yang dimiliki oleh Harddisk, tentunya sehebat dan sekuat apapun alat elektronik pasti ada kalanya ia mengalami error atau rusak. Untuk media penyimpanan seperti Harddisk sendiri mempunyai batas pemakaian yaitu sekitar 2-3 tahun.

Oleh sebab itu, guna memperhatikan kenyamanan pengguna, melakukan pengecekan terhadap Harddisk merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan.

Sebab dengan kita mengetahui kondisi Harddisk maka kita bisa mengetahui bagaimana harddisk bekerja, apa saja masalah yang dihadapi oleh harddisk, dan apa saja error yang ada pada Harddisk.

Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Harddisk

Jika kita sudah mengetahui kondisi kesehatan pada Harddisk maka nantinya bila ada error atau masalah, kita bisa dengan segera memperbaikinya.

Tapi yang menjadi sebuah permasalahan adalah "Bagaimana cara mengecek kondisi kesehatan Harddisk tersebut??"

Pertanyaan itulah yang akan menjadi landasan pokok pembahasan kita kali ini. Pada kesempatan kali ini saya telah menyediakan 2 cara sederhana untuk mengecek kondisi Harddisk.

2 cara ini meliputi cara dengan memanfaatkan layanan yang sudah ada di Windows dan cara dengan memanfaatkan layanan pihak ketiga.

Penasaran?? Oke. Langsung saja anda simak baik-baik cara-Nya dibawah ini:


A. Memanfaatkan Alat Diagnosa Bawaan Windows


Cara pertama adalah dengan memanfaatkan layanan diagnosa yang sudah ada di windows, jadi kita tinggal menggunakan-Nya saja. Lalu bagaimana cara menggunakan layanan tersebut? ikuti panduan-Nya dibawah ini:

1. Buka Windows Explorer.

2. Klik kanan pada HDD atau SSD yang ingin kamu periksa. Misal-Nya Drive C atau D.

3. Pilih Properties.

4. Akan tampil jendela baru. Pilih pada menu "Hardware".

5. Anda bisa melihat pada bagian "Device Status" bila bertuliskan This device is working properly. Itu berarti harddisk anda bekerja dengan baik.

6. Untuk melihat lebih detail mengenai error atau permasalahan pada Harddisk, anda tinggal mengalihkan pada menu "Tools".

7. Lalu klik pada tombol "Check".



B. Memanfaatkan Software Pihak Ke-3


Memanfaatkan layanan diagnosa yang sudah ada di Windows memang menjadi pilihan praktis, karena kemudahan dalam penggunaan-Nya. Tapi ada satu kekurangan dari layanan diagnosa pada Windows, yaitu informasi yang ditampilkan bersifat singkat dan kurang lengkap.

Maka dari itu, agar anda bisa mengetahui kondisi Harddisk secara sempurna maka diperlukan sebuah layanan pihak ketiga.

Software ini bernama Crystaldiskinfo. Crystaldiskinfo sendiri merupakan software aplikasi gratis, namun tersedia pula versi berbayar-Nya. Dan tentunya versi berbayar-lah yang memiliki banyak kelebihan.

Untuk mendapatkan software Crystaldiskinfo, anda bisa mengunjungi link berikut: https://crystalmark.info/en/download/

Untuk cara penggunaan software ini sendiri bisa dibilang sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:


1. Download dan install software aplikasi yang bernama Crystaldiskinfo.

2. Langsung saja buka aplikasi-Nya.

3. Dan informasi lengkap mengenai kondisi Harddisk anda akan segera ditampilkan.


Itu dia cara mudah mengetahui kondisi kesehatan Harddisk pada komputer dan laptop. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita ya. Terimakasih.

0 Response to "Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Harddisk Pada Komputer Dan Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel