Kenapa Banyak Tokoh Kartun Yang Berwarna Kuning? Ini Dia Jawabannya

Alasan Kebanyakan Kartun Berwarna Kuning

Dimasa kecil tentunya kita sudah sangat mengenal apa itu film kartun bukan? banyak sekali film kartun yang sudah kita tonton, mulai dari spongebob squarepant, the simpson, minions, naruto hingga dragon ball.

Tapi pernahkah anda berpikir mengenai beberapa tokoh yang ada pada film kartun, mengapa sih kebanyakan dari tokoh kartun memiliki warna kuning?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, maka anda harus menyimak terlebih dahulu ulasan berikut.



1. Warna Kuning Melambangkan Keceriaan


Tentu kita sudah sangat familiar dengan beberapa tokoh kartun berwarna kuning, seperti minions, the simpson, spongebob, naruto, dan sebagainya.

Tapi tahukah kamu mengapa karakter atau tokoh dalam film kartun tersebut sering kali menggunakan warna kuning?

Jika kita mengaitkan warna kuning degan dunia medis, atau lebih tepatnya psikologi, ternyata warna kuning merupakan salah satu warna unik yang menggambarkan keceriaan.

Jadi itulah alasan mengapa para produsen kartun sering menggunakan warna kuning. Selain identik dengan keceriaan, warna kuning juga bisa menarik perhatian banyak orang, terutama anak-anak.



2. Warna Kuning Adalah Warna Yang Cerah


Jika kita membandingkan warna kuning dengan warna-warna lain, maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa warna kuninglah satu-satunya warna yang cerah dan terang.

Hal ini juga dibuktikan dengan warna pada pelangi yang terdiri dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu.

Jika kita melihat dengan seksama warna yang ada pada pelangi, maka satu-satunya warna yang paling dominan dan paling cerah adalah warna kuning.

Jadi para produsen film kartun menggunakan warna kuning pada tokoh kartunnya, salah satunya karena warna kuning adalah warna yang paling menonjol dari warna lainnya.

Sehingga dengan penerapan warna ini, para penonton film kartun akan bisa membedakan mana tokoh utama, dan mana yang bukan tokoh utama.



3. Bisa Dilihat Oleh Orang Yang Buta Warna


Satu lagi keunikan dari penggunaan warna kuning pada kartun adalah karena warna kuning adalah satu-satunya warna unik yang bisa dilihat oleh orang yang buta warna.

Walaupun dikatakan buta warna, namun pada kenyataannya mereka masih bisa melihat beberapa warna tertentu.

Tapi mereka yang buta warna juga tidak bisa membedakan warna yang satu dengan yang lainnya. Suatu misal warna hijau dengan merah, akan terlihat sama bagi si buta warna.

Namun berbeda dengan warna kuning. Orang yang mengalami gangguan pada penglihatan warna ternyata mampu membedakan  beberapa warna yang disandingkan dengan warna kuning.

Misalnya saja warna biru disandingkan dengan warna kuning, nah mereka yang buta warna ternyata mampu melihat dan membedakan mana warna kuning dan mana warna biru.

Oleh sebab itulah bayak film kartun mengusung dan menerapkan warna kuning pada beberapa film kartun.


Kesimpulan


Itu dia 3 fakta unik mengenai warna kuning yang sering digunakan pada banyak film kartun.

Jadi dari ulasan singkat diatas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa pemilihan warna kuning disebabkan oleh 3 faktor yaitu karena warna kuning merupakan lambang keceriaan, warna kuning merupakan warna yang menonjol dan cerah, dan warna kuning sangat bersahabat untuk mereka yang buta warna.

Dengan pemilihan warna kuning ini, maka hampir semua kalangan masyarakat baik anak kecil, remaja, orang dewasa, bahkan sampai orang tua pun bisa menikmati film kartun dengan nyaman.

Semoga dapat bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf, dan akhir kata saya ucapkan terimakasih.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Kenapa Banyak Tokoh Kartun Yang Berwarna Kuning? Ini Dia Jawabannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel