cara mudah meningkatkan pengunjung blog sampai ratusan bahkan ribuan visitor setiap hari

Visitor Blog

Untuk para blogger baik yang masih newbie(baru) maupun yang sudah senior tentunya Traffic merupakan hal yang harus di perhatikan ya.

Apalagi bagi para blogger yang pingin penghasilan(earning) dari kegiatan bloggingnya banyak.

Memangnya apa hubungan Traffic dengan Earning?

Tentu saja ada hubungannya. Semakin banyak traffic maka semakin banyak pula kemungkinan meningkatnya penghasilan yang di dapat.

Misal anda adalah sebuah pemilik toko kue, lalu anda melakukan berbagai jenis promosi untuk mendapatkan pembeli.

Tapi apakah orang yang melihat promosi itu akan langsung membeli kue di toko anda?

Pastinya Tidak. Mereka akan datang, kemudian mereka akan melihat barang apa saja yang anda jual.

Jika pengunjung toko anda semakin banyak, maka semakin banyak pula kemungkinan pembeli yang akan membeli kue di toko anda. Dan jika semakin banyak yang membeli maka semakin banyak pula keuntungan yang akan anda dapat.

Sistem tersebut juga berlaku terhadap para blogger.

Ibaratkan saja blog adalah toko, pembeli adalah visitor(traffic), konten pada blog adalah barang.

Jadi apakah dengan melakukan promosi maka pengunjung blog akan semakin banyak?

Tentunya bukan hanya sekedar melakukan promosi asal asalan saja. Promosi itu BAIK, namun jika dilakukan pada tempat yang tepat.

Banyak para blogger yang sudah puluhan tahun menekuni kegiatan blogging bahkan sudah memiliki ribuan artikel, namun mereka hanya memiliki pengunjung yang sedikit.

Ada juga blogger yang baru beberapa bulan melakukan kegiatan blogging, bahkan artikel yang mereka buat masih sangat sedikit, tapi pengunjung blog mereka sudah mencapai ribuan pengunjung setiap harinya.

Baca Juga: Beberapa Kesaahan Yang Menyebabkan Akun Adsense Di Banned, Paling Sering Dilakukan Oleh Para Blogger!!

Lalu mengapa hal seperti itu bisa terjadi?

Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah promosi, kualitas konten, backlink dan seo.
Visitor sendiri di bagi menjadi dua macam, yaitu visitor organik dan non-organik.

Terus apa bedanya?

Visitor organik adalah  pengunjung yang bersumber langsung dari search enginer(mesin pencari) seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Pengunjung blog yang berasal dari mesin pencari merupakan visitor yang di utamakan oleh Google.

Sedangkan visitor non-organik adalah pengunjung yang berasal selain dari mesin pencari(non-search enginer). Bisa berasal dari sosial media seperti Facebook, Twitter, Whatsapps, Instagram dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai cara mendapatkan visitor blog.

Tapi visitor yang bagaimana?

Kedua jenis visitor di atas memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.
Visitor organik merupakan pengunjung blog yang di utamakan. Namun visitor non-organik juga bisa berubah menjadi visitor organik ketika kita tahu caranya.

Jadi di sini saya akan memberikan cara untuk mendapatkan visitor blog baik organik maupun yang non-organik. Berikut ulasanya.

1.Share Ke Sosial Media


Cara pertama yang paling dasar dan paling mudah untuk di lakukan adalah melakukan share ke berbagai situs sosial media.

Share adalah kegiatan membagikan sesuatu kepada orang lain. Dalam hal ini kita akan men-share url atau alamat blog kita.

Dengan membagikan alamat blog kita kepada orang lain, maka kita akan mendapatkan visitor blog yang banyak dan sangat cepat.

Kita bisa mendapatkan banyak visitor dengan cepat hanya dengan share url blog kita.

Seperti yang kita ketahui, sosial media adalah sebuah tempat yang paling ramai di kunjungi oleh orang setiap harinya. Sosial media merupakan tempat nongkrong bagi para manusia modern saat ini.

Coba kamu pikirkan...

Berapa kali kamu membuka sosial media? Berapa detik, menit, jam untuk online di sosial media? Berapa orang yang aktif di sosial media setiap harinya?

Sudah puluhan, ratusan, jutaan kali kita membuka sosial media, Kita telah menghabiskan detik, menit dan jam untuk online di sosial media, Ratusan, jutaan, orang telah aktif di sosial media setiap harinya.

Sekarang kita tahu alasan mengapa sosial media merupakan sasaran empuk untuk mendapatkan puluhan, ratusan bahkan ribuan visitor.

Jangan sia-siakan waktu anda hanya untuk mendapatkan like, follow, twett di sosial media.
Jika anda adalah orang yang punya popularitas yang tinggi di media sosial, maka untuk mendapat ribuan visitor sangatlah gampang.

Saya bukan orang yang popular atau terkenal di sosial media!!

Itu bukanlah sebuah permasalahan besar.

Popularitas bisa di bangun oleh siapa saja.

Anda hanya perlu menjalin hubungan yang baik kepada semua teman anda di sosial media, bisa dengan like status mereka, berkomentar positif di setiap status yang mereka post atau bahkan melakukan komunikasi pribadi yang baik.

Hal sepele seperti itu ternyata dapat membuat orang lebih mengenal kita dan jika kita sering malakukan hal itu kepada semua orang maka kita akan di kenal dan menjadi populer.

Ketika kita sudah populer dan memiliki hubungan yang baik kepada semua orang. Maka saatnya untuk SHARE url atau artikel pada blog kita kepada mereka.

Tidak perlu menunggu lama, maka kita akan mendapatkan banyak visitor hanya dalam hitungan detik.

Ada banyak sosial media yang bisa anda jadikan tempat untuk mendatangkan visitor blog. Diantaranya: Facebook,  Instagram, Pinterest, GooglePlus, LinkedIn, Twitter, Whatsapps, dll.

Namun dari sekian banyak sosial media, saya sendiri lebih menyarankan anda untuk berfokus pada Facebook. Karena sosial media satu ini merupakan tempat yang paling rame, dan paling cocok untuk mendatangkan pengunjung blog.

Lalu visitor jenis apa yang akan kita dapat jika menerapkan cara ini?

Kita akan mendapat visitor non-organik. Karena kita membagikan alamat blog di sosial media maka visitor yang akan berkunjung juga berasal dari sosial media.


Baca Juga: Ini Dia Strategi Dan Cara Mudah Mendapat Banyak Backlink Blog Yang Aman, Berkualitas Dan Tahan Lama.

2. Buat Konten Yang Unik & Menarik


“Konten Is King”. Dalam dunia blogging, konten adalah raja. Sebagus dan sekeren apapun blog yang anda buat, tidak akan ada gunanya jika tidak memiliki konten.

Orang yang datang ke sebuah blog tentunya memiliki tujuan!! yaitu untuk mencari dan melihat informasi.

Informasi yang unik dan menarik tentunya akan membuat orang yang melihatnya akan merasa penasaran dan ingin membaca informasi lebih lanjut.

Semakin unik konten yang anda buat, maka semakin mudah anda mendapatkan banyak pengunjung blog.

Konten yang unik adalah konten yang mampu membuat para pembacanya merasa penasaran dan dapat membuat ketertarikan untuk membaca lebih lanjut mengenai isi konten yang disajikan.

Konten yang unik dan menarik juga mamapu membuat para pembacanya ingin terus membaca isi konten tersebut sampai selesai.

Apa bedanya konten yang bagus dengan konten yang unik?

Walaupun kedengarannya sama, namun ternyata konten bagus dan unik itu berbeda.

Konten bagus adalah konten yang memiliki judul, pendahuluan, isi, dan penutup yang mana kesemuannya  sudah terususun secara sistematis dan terencana.

Susunan kata, kalimat, penggunaan gambar dan banyaknya paragraf sudah sesuai dengan ketentuan, atau bisa di katakan “sesuai standart”. Tidak ada hal yang lebih atau yang kurang, tidak ada sesuatu yang lebih yang dapat di tonjolkan.

Namun berbeda dengan konten unik dan menarik. Konten seperti ini merupakan konten yang tidak memiliki komposisi dan standart yang tetap.

Konten seperti ini dapat menjadi berlebihan maupun kekurangan. Namun walaupun begitu konten ini mampu memberikan nilai lebih dari berbagai sisi.

Walaupun tidak tersusun secara rapi namun mampu membuat orang yang membaca menjadi ketagihan dan ingin membacanya lagi.

3. Backlink


Backlink merupakan salah satu cara yang masuk ke dalam teknik seo. Backlink adalah link dari blog lain yang bisa mengarah ke blog kita.

Maksudnya begini. Apabila ada sebuah blog orang lain yang menempatkan link (blog kamu) di dalam blog(orang tersebut) dan ketika link tersebut di klik maka akan membawa ke halaman blog anda. Itulah yang dinamakan backlink.

Backlink yang baik akan dapat mendatangkan visitor ke dalam blog kamu, dan bahkan bisa membuat blog kamu di pandang sebagai blog yang baik di mata Google.

Backlink tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jika kita melakukan backlink secara sembarangan maka bukan tidak mungkin blog kita akan di anggap SPAM dan bisa merusak citra baik blog kita di mesin pencari(search enginer).

Bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas?

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapat backlink berkualitas, namun saya akan menjelaskan sebagian kecil saja.

Menulis di blog orang lain

Dengan menulis artikel di blog orang lain maka sama saja dengan kita menanam backlink ke halaman blog kita.

Caranya dengan menyisipan beberapa link ke dalam artikel. Link yang di maksud adalah link yang mengarah ke blog atau halaman tertentu di blog kita.

Jumlah link yang di sisipkan pada artikel juga perlu di perhatikan. Tidak boleh berlebihan dan juga tidak boleh terlalu sedikit. Saya sarankan untuk menempatkan 2 sampai 3 link saja sudah cukup.

Cara ini hanya bisa dilakukan jika kita sudah mendapat persetujuan dari pemiliki blog, maka dari itu lebih baik anda menghubungi pemilik blog dan meminta ijin untuk  menulis artikel di blognya.

Pemilihan blog yang akan di tanam backlink juga tidak sembarangan. Pilihlah blog yang memiliki kualitas yang paling bagus, dan terpercaya. Perhatikan juga alexa, ranking blog, umur dan jumlah visitor.

4. Aktif Di Forum, Group atau komunitas


Aktif di forum-forum diskusi maupun di group merupakan salah satu cara untuk meningkatkan visitor blog kamu.

Tapi perlu di ingat pilihlah forum, group atau komunitas yang memiliki pembahasan yang sama
dengan isi blog kamu.

Misal blog kamu lebih cenderung membahas tentang makanan, maka pilihlah forum yang membahas mengenai seputar makanan.

Dengan sering aktif di tempat diskusi seperti forum, group maka kamu bisa mempekenalkan blog kamu kepada para member di sana.

Misalkan ada yang bertanya...

“Masakan apa ya yang punya rasa enak dan cara pembuatanya mudah?”

Maka kamu bisa memberikan jawaban dengan menempatkan link blog kamu yang masih ada kaitan dan bisa memberikan solusi terhadap pertanyaan tersebut.

Tapi ingat!! Jangan terlalu sering menempatkan link blog kamu di situs tanya jawab seperti forum, group dan komunitas.

Loh memangnya kenapa?

Jika kamu terlalu sering menempatkan link maka kamu bisa di cap sebagai orang yang sering melakukan SPAM!! Jadi berhati-hatilah.

5. Buat Judul Artikel Yang Menarik


Masih ada kaitannya dengan poin nomer 2. Tidak hannya konten saja yang harus unik dan menarik, tetapi juga judulnya pun harus menarik dan membuat orang penasaran.

Dengan memberikan judul yang menarik pastinya akan membuat orang penasaran dan ingin membaca isi artikel tersebut.

Perlu di ingat judul boleh menarik, namun kamu tidak boleh terlalu berlebihan apalagi menipu orang lain.

Aduh pusing!! Maksudnya gimana?

Misalnya “Wow sangat mengerikan, Minuman ini terbuat dari batu loh”

Contoh di atas merupakan salah satu contoh judul yang terlalu berlebihan dan menipu orang lain. Mana ada minuman yang  terbuat dari batu heheh !!!

6. Seo (Search Engine Optimization)


Seo merupakan salah satu teknik yang saya rasa bisa membuat peningkatan pengunjung di blog anda.

Seo merupakan cara yang dilakukan untuk meng-optimalkan artikel blog kita agar terlihat bagus di
mesin pencari.

Atau mudahnya bisa membuat artikel yang kita buat bisa menempati urutan teratas di mesin pencari (page one).

Apabila artikel kita berada di urutan paling atas di mesin pencari maka kemungkinan kita akan mendapatkan banyak pengunjung.

Tapi sayangnya belajar dan menerapkan SEO yang benar bukanlah perkara yang mudah apalagi bagi para pemula seperti saya.

Banyak yang bilang SEO itu bukan ilmu pasti dan ilmu SEO itu selalu berubah mengikuti perkembangan search enginer(mesin pencari).

Ilmu SEO itu sangatlah luas, bahkan untuk mempelajarinya saja memerlukan waktu yang cukup
banyak. Namun jika anda sudah menguasai ilmu ini, maka untuk mendapatkan page one itu bisa di bilang cukup mudah.

Saya tidak akan memberikan cara atau pembahasan mengenai SEO lebih dalam. Itu karena saya juga belum mampu menerapkan SEO dalam blog saya sendiri.

Namun tenang anda bisa belajar dari berbagai sumber yang memang sudah ahli dalam bidang SEO seperti situs PanduanIM.com, Sugeng.id, Mastimon.com, Maxmanroe.com, KlikMania.net dan yang lainnya.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, cara yang saya sampaikan merupakan sebagian saja dari ribuan cara untuk meningkatkan visitor blog. Dan tentunya untuk mendapatkan visitor yang banyak bukanlah perkara yang mudah.

Namun jika anda yakin dan tidak pernah berputus asa maka apa yang anda usahakan akan segera anda dapatkan.
Show comments
Hide comments

0 Response to "cara mudah meningkatkan pengunjung blog sampai ratusan bahkan ribuan visitor setiap hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel