Belum lengkap kalau komputer kamu tidak ada software ini!!

Software Wajib Untuk PC

Software atau aplikasi merupakan perangkat lunak, yang saya rasa sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern saat ini.

Dapat di pastikan semua perangkat mobile seperti smartphone maupun komputer pasti memiliki yang namanya “software”. Tanpa adanya software maka perangkat mobile(smartphone atau komputer) tidak dapat berjalan dengan baik.

Software adalah perangkat lunak yang di gunakan sebagai penghubung antara pengguna(user) dengan perangat keras(hardware).

Jika kita melihat dari pengertian software, maka kita dapat menyimpulkan  bahwa software merupakan salah satu bagian penting yang berperan sebagai penyempurna komputer.

Nah, jika kamu merasa punya komputer canggih, maka kurang lengkap rasanya jika didalamnya belum ada software berikut ini:


Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat Jaringan Komputer, Kerugian Jaringan Komputer, Dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer.


1. Web Browser


Web browser adalah software yang memungkinkan penggunanya untuk menelusuri dunia internet, atau gampangnya dapat di gunakankan untuk mencari informasi(searching).

Pasti ada kalanya anda memerlukan informasi dari sumber lain baik untuk keperluan pribadi, tugas, maupun pekerjaan. Maka dari itu anda memerlukan web browser untuk dapat menemukan informasi dari berbagai sumber di internet.

Saat ini web browser memiliki banyak jenis seperti Google Chrome, Mozilla FireFox, Safari, Uc Browser, Opera Mini, Internet Explorer, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih salah satunya sebagai software penunjang aktifitas anda.

Saya bingung, web browser yang mana yang harus saya gunakan?

Tidak perlu bingung. Kamu bisa menggunakan yang mana saja, sesuai dengan keinginan anda. Tapi jika saya boleh memberi saran, maka saya lebih menyarankan kamu untuk mencoba Google Chrome.

Di kehidupan yang serba canggih, hampir semua komputer, baik komputer pribadi(personal), maupun komputer untuk keperluan publik seperti komputer kantor pastinya memiliki software ini.

Karena hampir semua pekerjaan dan aktifitas saat ini, dapat di jalankan dan di kerjakan di internet.

Contohnya saja mendaftar sekolah untuk saat ini bisa di lakukan melalui internet, dan Keperluan rumah tangga juga bisa di dapatkan melalui internet(belanja online).

Maka dari itu software ini merupakan software wajib yang harus ada di komputer kamu.


2. Microsoft Office


Hampir semua urusan perkantoran memerlukan software ini. Software yang satu ini merupakan software wajib yang harus ada di komputer kamu!!

Microsoft Office merupakan perangkat lunak yang memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai pekerjaan seperti mengolah kata, melakukan perhitungan, presentasi dan lain sebagainya.

Jika kamu sudah menginstall software miscrosoft office maka kamu sudah bisa melakukan semua tugas perkantoran. Karena di dalam software ini sudah tersedia bermacam software super lengkap yang siap membantu tugas anda.

Salah satu yang paling sering di gunakan adalah Microsoft word, microsft excel, dan Microsoft powerpoint.


3. Downloader


Software ini merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan proses download/mengunduh file.

Dengan menggunakan software ini kamu bisa mendownload atau mengunduh berbagai jenis file(aplikasi, musik, video, gambar, animasi, game dll).

Jika kamu pecinta games, tentunya kamu sudah sangat akrab dengan software yang satu ini, karena software ini merupakan peralatan paling ampuh untuk mendownload.

Dengan software ini kamu bisa mendownload file-file berukuran besar dengan waktu yang cepat. Kamu juga bisa melakukan penundaan(pause) terhadap file yang kamu download, dan juga bisa melakukan penjadwalan terhadap file yang akan di download(unduh).

Cukup banyak jenis software downloader saat ini, namun yang paling populer dan sering di gunakan adalah IDM(Internet Download Manager).

Karena kemudahan dalam penggunaan serta kemampuannya yang maksimal menjadikan IDM mesin
download terbaik saat ini.


4. AntiVirus


Dengan menggunakan software ini dijamin kamu akan kebal terhadap berbagai jenis virus yang mengancam keamanan data kamu.

Virus yang saya maksud bukan seperti virus flu burung ya!! Namun virus komputer yang dapat merusak dan mencuri data-data kamu.

Maka dari itu kamu memerlukan security atau keamanan. Disinilah AntiVirus bekerja, ia akan melindungi komputer kamu dari virus yang mencoba mengancam data pribadimu.

Virus dapat berasal dari berbagai sumber, namun kebanyakan dapat berasal dari internet. Jadi lebih baik jika kamu ingin tetap aman berselancar di dunia internet pakailah AntiVirus terbaik.

Anda bisa mencoba salah satu dari beberapa antivirus berikut: Avast, Smadav, Avira, Microsoft security essential, BitDefender, AVG dan lain sebagainya.

Pilih salah satu saja, jangan menggunakannya secara bersamaan, karena dapat menganggu fungsi kerja antivirus tersebut.


5. Multimedia


Software multimedia juga merupakan software wajib bagi kamu yang suka men-desain dan meng-edit (foto, video, lagu).

Bagi kamu yang suka dunia desain maka software  ini wajib kamu install di komputer kesayangan. Pasalnya software ini akan sangat membantu kamu dalam menyelesaikan bebagai tugas editing.

Sebut saja Photoshop. Siapa yang tidak mengenal software editing paling populer ini. Semua fitur dan alat editing sudah tersedia didalam software ini.

Kamu bisa memainkan imajinasimu untuk mendapatkan hasil editing yang sempurna.
Software ini sangat cocok bagi yang sudah professional maupun yang masih awam dalam dunia editing. Tampilan yang sederhana membuat para pemula juga bisa menggunakan software ini.

Selain adobe photoshop, kamu juga bisa menggunakan software Corel Draw. Hampir sama dengan photoshop, namun lebih di khusukan untuk pembuatan desain logo, spanduk, banner, poster, kartu undangan, dan lainnya.


Baca Juga: Apa Itu Komputer??


6. WinRar


Software ini sering disebut sebagai ekstraktor yang berfungsi untuk mengubah file yang ada menjadi jenis file lain yang lebih ringkas.

Misalkan kamu akan mengkompres(ektrak) file gambar yang bernama Foto.Jpg file tersebut memiliki extensi “JPG” dengan size atau ukuran 2Mb, maka ketika di ekstrak akan berubah menjadi Foto.Rar atau bisa juga Foto.Zip dengan ukuran atau size yang lebih kecil dari ukuran awal, bisa menjadi 1.5Mb maupun 1 Mb.

Dengan software ini kamu bisa mengurangi pemakaian ruang penyimpanan di komputer kamu, jadi lebih hemat.

Untuk software ektraktor sendiri sebenarnya sangat banyak jenisnya, namun bagi kamu yang masih pemula dan ingin menggunakan software ini, maka saya sarankan untuk menggunakan software yang bernama WinRAR.


7. Gom Player


GomPlayer adalah software penayang video yang paling sering di pakai saat ini. Anda bisa memutar video di GomPlayer dengan sangat mudah dan cepat.

Software ini sangat ringan dan hampir bisa dijalankan di semua jenis windows. Tampilannya memang sederhana, namun kemampuan yang dimiliki mampu membuat anda terpukau ketika menggunakannya.



Baca Juga: Jarang Diketahui, Inilah Sistem Operasi Buatan Anak Bangsa(Indonesia).


8. NotePad


Sangat di sayangkan karena software sederhana ini sering kali dilupakan dan tidak diperdulikan.
Notepad adalah software yang bisa anda gunakan untuk keperluan catat men-catat.

Apakah hanya itu fungsinya?

Tentu saja tidak!! Notepad memiliki fungsi lain, seperti membuat script(kode) pemrograman sederhana seperti HTML, CSS dan Javascript.

Kamu bisa membuat halaman website sederhana dengan menggunakan notepad, tentunya jika kamu sudah mengetahui dasar-dasar dalam pembuatan web.

Notepad sendiri biasa di gunakan oleh para programmer pemula. Karena software ini sangat bersahabat dan mudah di gunakan.


9. Adobe PDF Reader


Adobe Pdf adalah software wajib yang harus kamu install di komputer kamu. Dengan software ini kamu bisa membaca file yang memiliki format PDF seperti ebook.

Software ini juga bisa kamu gunakan untuk mengedit file PDF dan ebook. Untuk menginstall software ini kamu tidak perlu khawatir soal size(ukuran). Karena software ini memiliki size atau ukuran yang sangat kecil.

Walaupun memiliki fungsi sederhana, namun software ini merupakan software wajib di perkantoran.


10. CCleaner


Komputer kamu memiliki banyak file tidak berguna seperti sampah?  jika file itu di biarkan maka dapat mengganggu kinerja komputer kamu, bahkan bisa membuatnya lambat.

Jika anda ingin menghapus file sampah tersebut, maka anda tidak mungkin melakukan secara manual atau dengan menghapus satu persatu.

Jika anda ingin menghapus file sampah dengan cepat dan efisien maka kamu bisa menggunakan software CCleaner.

Dengan software ini kamu bisa melakukan pembersihan file sampah seperti cache, temporary file menjadi lebih mudah dan cepat.


Baca Juga: Kupas Tuntas Mengenai Command Prompt(Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, Perintah-Perintah).

Anda juga bisa melakukan perawatan komputer secara rutin dengan software ini.
Dengan memasang software ini maka komputer kamu akan menjadi lebih ringan dan cepat.

Itu dia 10 software wajib yang harus ada di komputer kamu. Komputer sebagus dan sekeren apapun, rasanya kurang lengkap kalau belum menginstall software wajib diatas ya.

0 Response to "Belum lengkap kalau komputer kamu tidak ada software ini!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel