6 Manfaat Jenggot Bagi Kesehatan + Tips Sederhana Merawat Jenggot

Manfaat Jenggot Bagi Kesehatan
Jenggot adalah salah satu jenis rambut yang tumbuh dan berkembang biak di area dagu, pipi, dan dibawah rahang bawah. Sebagai seorang lelaki sejati tentu jenggot menjadi sebuah simbol kejantanan dan ketampanan seseorang.

Di daerah timur tengah seperti arab, palestina dan sekitarnya jenggot sudah sangat merakyat dikalangan kaum pria, karena memang jenggot juga menjadi salah satu sunah nabi muhammad dalam ajaran agama islam.

Tapi dari sekian banyak pria yang menginginkan jenggot tumbuh dengan subur, ternyata tidak sedikit pula pria yang memotong jenggotnya dengan alasan supaya terlihat rapih dan bersih. Memang tidak ada salahnya untuk memotong jenggot, karena pastinya pandangan setiap orang tentunya akan berbeda-beda.

Oke mari kita lanjutkan pembahasan mengenai jenggot, jadi begini sebenarnya memiliki jenggot mempunyai banyak manfaat loh. Selain menambah kegantengan, dan kejantanan pria, jenggot juga ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Apa saja sih manfaat dari jenggot?

Pastinya banyak, terutama manfaat bagi kesehatan. Bagi anda yang sudah mulai penasaran, lebih baik silahkan disimak saja informasi berikut:


Berikut ini beberapa manfaat jenggot untuk kesehatan:



1. Melindungi Dari Sinar UltraViolet(UV)


Sinar ultraviolet atau yang sering disebut sinar uv adalah salah satu jenis  paparan sinar yang dihasilkan oleh matahari. Sinar ini dihasilkan oleh panas matahari dan kemudian masuk ke bumi dengan menembus atmosfer.

Apa anda tahu apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan oleh sinar uv ini?

Walaupun sinar uv tidak bisa dilihat secara kasap mata, namun keberadaannya bisa kita rasakan, juga termasuk efek samping yang akan ditimbulkan. Jika kita berbicara bahaya dari paparan sinar uv, maka anda harus tahu bahwa sinar ini ternyata mampu memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan seperti katarak, merusak sel kulit, kerutan pada area kulit dan bahkan dapat menimbulkan kanker kulit loh.

Cukup berbahaya bukan? tapi tenang, bagi anda kaum pria berjenggot, masalah yang ditimbulkan dari sinar uv seperti ini akan bisa di tepis dan bahkan bisa dihindari.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Southern Quensland, ternyata menemukan sebuah hasil yang cukup memuaskan. Pasalnya sinar uv yang ada tidak mampu menembus sel kulit, karena terhalang oleh rambut(jenggot).

Jadi anda yang berjenggot tentunya akan terhindar dari gangguan kesehatan seperti kanker kulit.



2. Memperlambat Penuaan Dini


Seperti yang telah saya singgung pada poin pertama diatas, bahwa sinar uv juga mampu membuat kulit anda menjadi keriput dan mengkerut.

Kerutan pada kulit terutama kulit wajah pastinya akan membuat anda terlihat lebih tua, dan tentunya hal semacam ini akan sangat menggangu apalagi bagi anda pria muda yang masih mencari calon pasangan.

Namun lagi-lagi masalah seperti ini bisa diatasi oleh adanya jenggot. Jenggot yang tumbuh dengan baik dan dirawat dengan benar akan mampu memperlambat keriput pada kulit, terutama kulit wajah anda.



3. Mencegah Penyakit Asma


Asma adalah salah satu gangguan sistem pernapasan yang bisa diakibatkan oleh banyak hal, seperti faktor udara, faktor alergi, maupun faktor makanan & minuman. Dengan adanya jenggot tentunya akan mampu memperkecil kemungkinan terserang penyakit asma.

Hal ini karena setiap udara yang masuk ke hidung akan disaring oleh jenggot, sehingga udara-udara kotor dan banyak mengandung polusi dan debu akan terperangkap dalam jenggot. Akibatnya udara yang tadinya kotor akan menjadi udara bersih, dan bisa dihirup dengan nyaman.

Sebenarnya ada dua penyaring/filter yang bisa menyaring udara kotor, yaitu kumis dan jenggot. Jadi kumis juga bisa berperan sebagai filter untuk menyaring udara kotor, namun tentunya kualitas saringan udara akan lebih optimal apabila dilengkapi dengan jenggot.



4. Mengurangi Peradangan Pada Kulit Wajah


Masalah seperti peradangan kulit wajah yang ditimbulkan oleh jerawat, minyak dan komedo tentunya akan sangat menggangu penampilan, terutama bagi anda yang sering bertemu dengan gebetan. Pastinya akan membuat anda kurang percaya diri. Masalah seperti ini bisa di minimalisir dengan jenggot.



5. Mencegah Kanker Kulit


Masih berkaitan erat dengan poin pertama, kanker adalah penyakit mematikan yang bisa timbul karena banyak faktor, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet yang ter-papar secara terus menerus dan dalam jangka waktu lama tentunya akan berakibat buruk bagi kesehatan, terutama kesehatan kulit.

Jadi anda yang punya jenggot bagus dan terawat, janganlah di potong, sebab kalau dipotong nantinya dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping seperti kanker kulit, akibat  paparan sinar uv.



6. Melindungi Tubuh Dari Panas Demam


Berbagai jenis gangguan kesehatan seperti demam tentunya sangat umum dijumpai di kalangan masyarakat kita. Panas demam bisa diakibatkan oleh banyak faktor, salah satunya karena faktor cuaca ekstrem.

Kondisi cuaca yang terlalu panas dan terlalu dingin bisa berakibat pada panas demam. Hal ini akan semakin memburuk, mana kala cuaca berubah-ubah dari musim panas menjadi musim hujan, dan kembali lagi ke musim panas.

Kondisi cuaca seperti inilah yang sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan seseorang. Orang yang mengalami cuaca ekstrem seperti ini dalam waktu yang lama, akan berakibat pada panas demam yang semakin parah.

Tapi satu hal yang bisa membuat seseorang lebih kuat dan tahan terhadap cuaca ekstrem adalah jenggot. Dengan adanya jenggot ini sistem metabolisme tubuh akan tetap terjaga dan tentunya akan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Akibatnya tubuh menjadi lebih tahan terhadap segala macam penyakit terutama panas demam.



Itu dia 6 manfaat jenggot bagi kesehatan. Selain manfaat yang ada pada jenggot, ternyata tidak lepas dari perawatan yang dilakukan.

Jenggot yang dibiarkan tumbuh tanpa adanya keinginan untuk mencuci dan membersihkan jenggot juga bisa mendatangkan bahaya bagi kesehatan. Jadi 6 manfaat jenggot bagi kesehatan akan lebih optimal lagi apabila dibarengi dengan perawatan jenggot yang benar. Berikut adalah caranya:


Tips Merawat Jenggot


  1. Cukur jenggot 2-3 hari sekali, jangan biarkan jenggot anda tumbuh terlalu panjang.
  2. Tidak perlu mencukur jenggot dengan mengikuti mode fashion. Cukup cukur jenggot sewajarnya saja.
  3. Bersihkan jenggot anda secara teratur setiap hari.
  4. Gunakan alat cukur yang bersih dan steril.
  5. Imbangi juga dengan olahraga secara teratur.
  6. Berikan gizi pada jenggot anda dengan makan buah dan sayur.
  7. Penuhi waktu istirahat anda, jangan begadang. Begadang bisa memperlambat pertumbuhan jenggot.



Itu saja yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Dan jangan lupa untuk share dan komen artikel ini ya. Terimakasih.
Show comments
Hide comments

0 Response to "6 Manfaat Jenggot Bagi Kesehatan + Tips Sederhana Merawat Jenggot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel