Waspadalah! Makanan Berikut Bisa Bikin Anda Bodoh

Makanan Yang Bikin Bodoh

Makan merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan, selain bikin perut kenyang, makan juga bisa bikin pikiran tenang. Seperti pepatah mesir kuno mengatakan bahwa perut kenyang pikiran pun tenang. Tapi tahukah kamu bahwa setiap makanan yang kita konsumsi akan memberikan dampak bagi kesehatan, pertumbuhan dan juga fungsi otak.

Ketika anda ingin mengkonsumsi makanan, hal pertama yang harus anda waspadai dan curigai adalah, apakah makanan tersebut akan memberikan efek yang baik bagi tubuh. Maka dari itu anda seharusnya lebih memperhatikan makanan apa sih yang saya konsumsi. Apakah makanan itu menyehatkan atau bahkan sebaliknya.

Satu hal yang perlu anda ketahui adalah, bahwasanya makanan yang kita konsumsi juga akan berdampak pada pola pikir, dan kecerdasan kita loh. Karena tanpa kita sadari, ternyata saat ini sudah banyak makanan-makanan yang rasanya enak, namun khasiat yang didapat tidak ada. Ada juga beberapa makanan yang ternyata bisa bikin pola pikir anda berkurang atau bahasa kerasnya bisa bikin anda bodoh.

Waduh, memangnya ada ya, makanan yang bikin bodoh?

Jika anda percaya bahwa makanan seperti sayuran dan buah-buahan bisa bikin cerdas, maka sebaliknya anda juga harus percaya bahwa ada juga makanan yang bisa bikin bodoh. Berikut ini telah saya sediakan daftar makanan yang ternyata membuat anda bodoh.



1. Makanan Manis


Apa yang akan anda bayangkan ketika mendengar makanan manis? Jika saya adalah seorang peramal, maka saya akan menebak anda akan menjawab kue, permen, dan marsmellow. Ya, memang benar makanan manis memang di identik dengan 3 jenis makanan yang telah anda sebutkan tadi.

Jika kita ber-asumsi dan bermain imajinasi, apakah yang anda rasakan ketika anda memakan salah satu dari 3 makanan yang telah anda sebutkan tadi? tentunya anda akan merasakan sensasi yang menyenangkan bukan? memang benar makanan manis akan sangat lezat bila dikonsumsi.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh sejumlah toko makanan, ternyata menemukan sebuah fakta bahwa sebagian besar dari pembeli lebih menyukai makanan manis. Tidak hanya disukai oleh anak kecil saja, namun saat ini makanan manis juga mulai digemari oleh remaja, dan orang dewasa.

Namun tahukah kamu, ada sebuah fakta mengejutkan yang menyatakan bahwa makanan manis seperti kue dan marsmellow ternyata merupakan penyebab utama seseorang mengidap diabetes. Tak hanya sebatas diabetes saja, ternyata makanan manis juga bisa membuat orang yang memakannya menjadi bodoh.

Makanan manis selalu di identik dengan gula, oleh sebab itu apakah anda tahu bahwa mengkonsumsi gula secara berlebih ternyata juga bisa berdampak pada lemahnya fungsi otak serta akan menurunkan daya ingat. Hal ini akan menjadi semakin parah, apabila makanan manis yang dikonsumsi ternyata menggunakan pemanis buatan.

Tentu kita tahu ada banyak sekali makanan manis yang beredar di pasaran, dan hampir semuanya menggunakan pemanis buatan sebagai pengganti gula. Ini akan memperburuk fungsi otak anda. Anda bisa menjadi bodoh ketika mengkonsumsinya secara berlebih.



2. Gorengan


Makanan yang digoreng seperti tempe goreng, tahu goreng, bakso goreng, bakwan goreng, dan pizza goreng ternyata juga termasuk kedalam jenis makanan yang dapat membuat seseorang yang mengkonsumsi menjadi bodoh lho. Coba anda bayangkan dengan dan bagaimana gorengan itu dibuat? pada dasarnya makanan yang digoreng pastinya akan menggunakan bahan seperti minyak.

Dan tahukah anda bahwa gorengan juga mengandung lebih banyak kandungan lemak, sehingga apa yang akan terjadi ketika anda mengkonsumsinya?

Kandungan minyak serta lemak di dalam gorengan akan mengendap dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama, dan bisa jadi kandungan tersebut akan memberikan efek samping pada fungsi dan kinerja otak kita. Apabila anda dalam sehari dapat menghabiskan 10 gorengan, maka coba bayangkan berapa banyak kandungan lemak dalam tubuh anda.

Sebenarnya boleh saja anda makan makanan yang digoreng, asalkan jumlahnya tidak terlalu banyak.



3. Daging Olahan


Daging memang dikenal mempunyai kandungan protein yang baik bagi perkembangan otot, dan juga menjaga keseimbangan fungsi sel dalam tubuh. Tapi apa jadinya jika daging yang anda konsumsi adalah daging olahan?

jika daging yang anda konsumsi adalah berupa daging olahan seperti sosis dan semacamnya, maka kandungan protein yang ada akan menipis dan hanya tersisa sedikit saja, atau bahkan bisa juga tidak memiliki kandungan protein sama sekali.

Kandungan protein yang hilang pada daging olahan disebabkan oleh adanya zat kimia seperti pengawet makanan, penguat rasa, dan pewarna buatan. Tentunya zat-zat tersebut akan sangat berbahaya apabila telah masuk kedalam tubuh. Salah satu efek samping apabila anda mengkonsumsi daging olahan adalah bisa memperlambat kinerja otak anda, akibatnya pola pikir anda akan sedikit terganggu.



4. Makanan Yang Mengandung Kadar Garam Tinggi


Pada dasarnya garam adalah merupakan bahan masakan yang amat penting dan harus selalu ada di dapur. Tanpa adanya garam makanan selezat dan seenak apapun akan terasa kurang sempurna. Akan tetapi tahukah anda bahwa makanan yang memiliki kadar garam tinggi ternyata lebih beresiko menghambat sistem kerja otak kita.

Selain garam, makanan modern yang sedang tren dan banyak digandrungi oleh anak muda adalah micin. Siapa sangka makanan ini juga bisa memberikan efek samping apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tidak sedikit. Banyak sekali kejadian yang membuktikan bahwa micin dapat membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi bodoh.



5. Junk Food


Jika kita mengartikan arti dari kata junk food, maka kita akan mendapati sebuah arti yang cukup mengejutkan. Memang apa sih arti dari junk food? artinya adalah "makan sampah". Mungkin anda bertanya-tanya di dalam lubuk hati, mengapa sih disebut junk food?

Ini semua dikarenakan makanan ini memang benar-benar makanan yang tidak punya khasiat bagi kesehatan. Malah sebaliknya, makan junk food akan mengganggu kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Makanan junk food biasanya memiliki kandungan lemak, pengawet, garam, penguat rasa, serta bahan kimia lainnya yang akan membuat kesehatan anda menjadi melemah, dan bahkan bisa menimbulkan kebodohan bila mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.


Kesimpulan


Itulah 5 makanan yang bisa membuat anda bodoh, ketika mengkonsumsinya secara berlebihan. Sebenarnya faktor utama seseorang menjadi bodoh bukanlah berasal dari makanannya, namun faktor utamanya adalah dirinya sendiri. Coba bayangkan jika anda sudah mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan, tapi anda tidak belajar. Sama saja bohong kalau begitu.

Maka dari itu dengan adanya informasi ini, saya ingin menekankan bahwa jika anda ingin menjadi orang pintar maka anda juga perlu memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Coba bayangkan, anda sudah belajar dengan rajin dan tekun, tapi anda tidak pernah menjaga pola makan anda. Hingga akhirnya anda sakit. Lalu bagaimana anda akan menjadi orang pintar jika anda sakit??

Jadikanlah makanan sebagai media penunjang kecerdasan dan kesuksesan. Anda boleh makan makanan sampah yang tidak ada khasiatnya bagi kesehatan. Tapi yang perlu anda ingat bahwa, anda harus pandai dalam mengatur jumlah dan porsi makanan yang anda konsumsi. Terlalu banyak makan juga tidak baik bagi kesehatan.

Ingatlah suatu pepatah kuno dari brazil yang mengatakan "sesuatu yang berlebihan itu tidak baik".

Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan khasiat bagi anda. Dan jangan lupa untuk share dan komen artikel ini ya. Akhir kata, saya ucapkan mohon maaf atas segala kekurangan. Terimakasih.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Waspadalah! Makanan Berikut Bisa Bikin Anda Bodoh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel