5 Teknik Menghilangkan Bulu Ketiak Yang Mengganggu

Menghilangkan Bulu Ketiak
Bulu ketiak adalah suatu jenis bulu yang tumbuh pada area sekitar ketiak. Bulu ketiak mulai muncul pada saat masa pubertas dimulai.

Pertumbuhan bulu ketiak saat pubertas disebabkan oleh naiknya kadar hormon androgen dalam tubuh, sehingga memicu timbulnya bulu pada beberapa bagian tubuh, seperti lengan, dada, kemaluan, kaki, dan ketiak.

Pada dasarnya tumbuhnya bulu pada beberapa area tubuh sebenarnya memiliki kegunaan sendiri, seperti mengurangi resiko iritasi kulit, menyaring debu/kotoran agar tidak bersentuhan langsung dengan kulit, dan meminimalisir infeksi.

Namun disisi lain ternyata pertumbuhan bulu (di area ketiak) tidak diinginkan oleh kebanyakan orang. Terutama wanita.

Pertumbuhan bulu ketiak akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri, dan bahkan minder dengan penampilannya. Selain membuat orang merasa malu, bulu ketiak juga akan menimbulkan rasa jijik dan kurang menyenangkan untuk dilihat.

Maka dari itu, banyak dari kalangan wanita yang kesana kemari mencari tahu bagaimana sih cara-cara untuk menghilangkan bulu ketiak?

Bagi anda yang sedang bingung, bagaimana cara terbaik untuk menghilangkan bulu ketiak, maka anda datang ke tempat yang tepat.

Karena disini saya akan memberikan solusi atas masalah yang sedang anda hadapi. Langsung saja silahkan disimak ulasan mengenai cara-cara menghilangkan bulu ketiak.



1. Teknik Mencukur


Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bulu pada ketiak adalah dengan mencukurnya.

Dengan cara ini bulu ketiak anda bisa menghilang sementara, dan akan tumbuh kembali sekitar 3 hari. Anda bisa menggunakan pisau cukur sebagai alat mencukur.

Agar anda lebih memahami cara mencukur yang benar, silahkan simak cara berikut:


  1. Siapkan pisau cukur yang bersih dan steril.
  2. Sediakan krim cukur, sabun atau kondisioner.
  3. Oleskan krim cukur atau kondisioner atau bisa juga dengan mengoleskan sabun pada area ketiak.
  4. Ratakan secara sempurna.
  5. Kemudian cukurlah bulu ketiak dengan pisau cukur.
  6. Cukur secara perlahan.
  7. Jika sudah selesai, silahkan anda lihat apakah masih ada bulu ketiak yang tersisa? jika ada silahkan di cukur kembali.
  8. Jika dirasa sudah bersih, silahkan anda basuh area ketiak dengan air atau tisu basah. 
  9. Selesai.


Peringatan : 


Harap bersihkan alat pencukur yang telah digunakan sampai benar-benar bersih dan steril. Pastikan pula pisau cukur yang anda gunakan tetap tajam.

Sebab apabila pisau cukur yang digunakan sampai tumpul, maka dikhawatirkan akan melukai kulit ketiak saat digunakan.



2. Teknik Mencabut


Teknik yang kedua bisa dibilang cukup ekstrem, sebab kita akan mencoba menghilangkan bulu ketiak yang ada dengan mencabutnya satu persatu.

Sebenarnya teknik ini aman-aman saja, bila dilakukan dalam jangka waktu yang tidak terlalu sering, sebab apabila anda sering mencabuti bulu ketiak maka akan menimbulkan resiko seperti infeksi, alergi dan, luka pada ketiak.

Jadi bagi anda yang ingin menggunakan teknik ini, anda bisa melakukannya setiap 4-9 minggu sekali.

Untuk cara menghilangkan bulu ketiak dengan cara mencabut bisa anda lakukan dengan menggunakan pinset atau alat lain yang bisa digunakan untuk mencabut bulu ketiak.

Cara penggunaannya yaitu dengan membersihkan pinset terlebih dahulu sebelum digunakan. Anda bisa menggunakan zat alkohol untuk mestrerilkan pinset.  Kemudian apabila pinset telah bersih, silahkan anda cabut bulu ketiak satu persatu.



3. Teknik Waxing


Ini adalah teknik yang lebih ekstrem dibanding teknik mencabut. Saya mengatakan lebih ekstrem karena teknik ini pada intinya akan mencabut bulu ketiak sampai ke akarnya dengan paksa.

Jadi mula-mula area sekitar ketiak akan diolesi dengan bahan lilin dan kemudian di atasnya akan diberikan selembar kain. Kemudian dalam beberapa menit kain tersebut akan ditarik dengan cepat sehingga bulu ketiak akan terangkat bersama sel kulit mati yang ada.

Jadi lilin yang digunakan pada teknik waxing ini akan menempel pada setiap bulu ketiak. Diatas lilin tadi akan diberikan kain yang nantinya berfungsi sebagai media untuk menarik lilin yang telah kering.

Sehingga saat lilin yang sudah melekat pada bulu ketiak mengering, maka saatnya kain untuk ditarik. Kain akan ditarik dengan sangat kencang agar setiap bulu ketiak terangkat dengan sempurna.

Teknik ini tidak dianjurkan bagi anda yang punya kulit sensitif, sebab apabila teknik ini tetap dilakukan maka akan menimbulkan efek samping seperti iritasi, kulit memerah, luka, dan infeksi.



4. Teknik Krim Penghilang Rambut


Teknik ini akan melibatkan produk krim penghilang rambut untuk dapat bekerja. Anda bisa membeli jenis dan produk penghilang rambut yang dijual di pasaran.

Tapi satu hal yang perlu anda ingat saat membeli produk penghilang rambut adalah, anda harus memperhatikan kualitas dan keamanan produk yang akan anda beli. Jangan sampai anda salah membeli produk yang bisa mengakibatkan efek samping  yang berbahaya.

Sistem kerja krim penghilang rambut adalah dengan cara menghilangkan protein yang memicu rambut ketiak tumbuh dengan subur.

Tapi ternyata, penggunaan teknik ini juga mempunyai resiko yang cukup besar, seperti dapat memicu infeksi, alergi, dan gatal-gatal pada area ketiak. Efek samping tersebut akan bertambah parah apabila anda memiliki tipe kulit yang sensitif.



5. Teknik Laser


Ini teknik yang menurut saya pribadi sangat manjur untuk digunakan bagi anda yang ingin mempunyai ketiak mulus tanpa adanya bulu. Penggunaan teknik ini adalah dengan melibatkan alat laser atau Intense Pulsed Light, dengan alat ini maka pertumbuhan bulu ketiak akan diperlambat atau bisa juga dihentikan.

Laser yang digunakan akan membuat bulu akar ketiak menjadi mati dan tidak dapat bekerja, akibatnya pertumbuhan bulu ketiak menjadi terhambat.

Namun sama halnya dengan beberapa teknik sebelumnya, teknik ini pun memiliki resiko apabila tidak dilakukan dengan benar dan tepat. Apabila anda benar-benar ingin menggunakan teknik ini alangkah baiknya anda melakukan teknik ini dibawah pengawasan dokter ahli.

Pengawasan dokter pada cara ini sangat penting, sebab teknik ini akan berakibat negatif apabila digunakan secara asal-asalan.

Beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dalam penggunaan teknik ini antara lain: infeksi, kulit memar, alergi, kulit memerah, dan bahkan dapat memberikan rasa terbakar pada kulit.



Kesimpulan


Niat anda untuk menghilangkan bulu ketiak memang tidak salah, yang salah adalah apabila anda memilih cara atau teknik aneh yang bisa menimbulkan efek samping pada kesehatan anda.

Ke 5 teknik yang saya sampaikan diatas memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi jangan khawatir dengan efek samping yang ada, sebab efek samping tidak akan muncul apabila anda melakukan cara-caranya dengan baik dan benar.

Dan ingat, bahwa untuk mendapatkan hasil yang maksimal, saya menyarankan anda untuk berkonsultasi kepada dokter terkait yang sudah ahli di bidangnya.

Itu dia 5 teknik menghilangkan bulu ketiak. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi anda, dan jangan lupa untuk share dan komen artikel ini. Terimakasih.

0 Response to "5 Teknik Menghilangkan Bulu Ketiak Yang Mengganggu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel